Langsung ke konten utama

Pengenalan Mailing List Yahoogroups

Sebelum kita eksplorasi Windows Mail lebih jauh, ada baiknya mempelajari fitur lain dalam internet dan email yaitu Mailing List atau yang kerap disebut Milis. Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah Milis. Namun, apa Milisitu sebenarnya?

Menurut berbagai sumber, definisi Milis adalah grup diskusi di internet dimana orang bisa berlangganan dan berinteraksi di dalamnya melalui fasilitas email atau surat elektronik. Anggota yang tergabung dalam Milis dapat membaca email dari sesama anggota yang dikirim ke alamat Milis dan membalas pesan tersebut ke Milis. Milis juga dapat dipahami sebagai daftar alamat email yang pemiliknya memiliki kesamaan minat pada hal tertentu. Seperti Milis teknologi, resep makanan, musik, atau buku.

Milis juga dapat diumpamakan seperti situasi sebuah kelompok masyarakat yang menggunakan medium online. Dalam sebuah kelompok, dapat terjadi diskusi, berbagi informasi, mengajukan pertanyaan, menyampaikan keberatan, atau menjawab pesan orang dalam kelompok tersebut, hanya perantara yang digunakan adalah Email. Keberadaan Millis telah mempermudah antar manusia untuk saling interaksi yang tak lagi dibatasi oleh ruang, jarak, dan waktu.

Penyedia Milis yang gratis dan populer saat ini adalah Yahoogroups yang kemudian diikuti oleh Googlegroups. Kedua penyedia Milis tersebut saat ini menampung ribuan Millis yang terdiri dari berbagai minat dan perhatian. Anda cukup memiliki email, mendaftar di salah satu situs tersebut, membuat Milis, undang beberapa kenalan untuk bergabung, maka jadilah sebuah Milis. Di kemudian hari, prinsip Milis ini diadopsi oleh Facebook untuk menjadi group.

Istilah dalam Milis

  1. Member. Anggota dalam Milis yang dapat disebut juga subscriber. Mereka bergabung atas kesadaran sendiri atau diundang oleh pengelola Milis untuk bergabung. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat Milis, akan terkirim ke semua member.

  2. Moderator. Bukan pemilik atau pembuat Milis tapi mendapat otoritas untuk mengelola Milis. Mereka mempunyai hak untuk menegur member yang melanggar aturan, mengeluarkan member, memilih mana pesan yang layak atau tidak layak disebarkan ke member Milis, dll.

  3. Owner. Pemilik dari Milis yang tidak harus pembuat asli dari Milis. Dapat saja pemilik asli mempromosikan salah seorang atau lebih member untuk sama-sama jadi Owner Milis. Mereka memiliki semua hak yang dimiliki oleh Moderator, dan dapat mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh Moderator.

  4. Invite. Undangan yang dibuat oleh member lain dalam Milis kepada rekanannya yang belum bergabung di Milis untuk ikut partisipasi. Dalam undangan tersebut, ada petunjuk bagaimana cara mudah untuk bergabung dalam Milis.

  5. Subscribe dan unsubscribe. Subscribe adalah perintah untuk bergabung dalam Milis, sedangkan unsubscribe dilakukan ketika member ingin keluar dari keanggotaan Milis.


Milis selalu memiliki alamat Milis yang berbeda dari alamat email biasa. Apabila Milis dibuat di Yahoogroups, maka alamat Millis akan menjadi nama_millis@yahoogroups.com. Seperti contoh adalah Milis komunitas Kartunet yang beralamat di kartunetclub@yahoogroups.com. Jadi tiap email yang dikirim oleh member ke alamat tersebut, akan secara otomatis diteruskan ke semua anggota Milis. Sama halnya ketika ada yang membalas pesan tersebut, maka balasan pesan akan diterima juga oleh semua anggota Milis

Mungkin Anda bertanya, jika semua anggota dapat semuapesan yang dikirimkan oleh member lain, maka inbox email akan cepat sekali penuh. Namun Yahoogroups sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan opsi-opsi kepada penggunanya. Opsi tersebut ada pada Message Delivery method yang terdiri dari beberapa pilihan

  1. Individual Email. Dimana member yang set Message delivery pada opsi ini akan mendapat semua pesan yang dikirimkan atau dibalas oleh member Milis. Setiap ada pesan atau balasan baru akan masuk ke inbox email.

  2. Daily Digest. Opsi ini dipilih jika Anda tidak ingin terlalu dapat banyak email dari sebuah Milis tiap harinya. Setiap hari, Milis hanya akan mengirimkan 20 pesan yang merupakan hasil kompilasi dari seluruh pesan yang masuk pada hari tersebut dan termasuk pesan-pesan yang ditandai sebagai Special Notification.

  3. Special Notices. Jika Anda hanya ingin menerima email yang ditandai sebagai Special Notification yang berasal dari moderator Milis. Pesan ini biasanya berupa pengumuman atau pesan penting untuk semua member.

  4. Web Only. Jika Anda tidak ingin menerima pesan apapun dari Milis ke email Anda. Namun Anda masih dapat mengakses pesan-pesan pada Milis  dengan melihatnya pada web dimana Milis itu berada. Seperti contoh alamat web untuk Milis kartunetclub@yahoogroups.com berada di http://groups.yahoo.com/group/kartunetclub


Subscribe dan Unsubscribe Milis

Seperti yang sudah dijelaskan pada istilah-istilah dalam Milis, Subscribe dan Unsubscribe terkait dengan proses berlangganan atau berhenti berlangganan sebuah Milis. Dengan berlangganan sebuah Milis, maka Anda akan mendapatkan update dari Milis tersebut. Apabila Anda sudah tidak memerlukan lagi, dengan mudah dapat segera berhenti berlangganan. Satu email yang Anda miliki, dapat berlangganan lebih dari satu Milis. Apabila Anda memiliki banyak minat dan ingin tergabung dengan Milis dimana bergabung pula orang-orang seperti Anda, Milis dapat menjadi jalan terbaik.

Cara untuk berlangganan sebuah Milis ada beberapa. Salah satu cara yang paling efisien adalah dengan langsung mengirimkan email pendaftaran ke alamat yang ditentukan. Contoh kali ini adalah mendaftar ke Milis kartunetclub@yahoogroups.com.

  1. Kirim email kosong ke alamat kartunetclub-subscribe@yahoogroups.com, format alamat pendaftaran Milis di Yahoogroups adalah nama_grup-subscribe@yahoogroups.com

  2. Kuncinya adalah dengan menambahkan “-subscribe” setelah nama grup dan sebelum alamat @yahoogroups.com

  3. Setelah dikirim, biasanya akan ada email dari yahoogroups.com dengan subject “Please confirm your request to join nama_grup”.

  4. Konfirmasi ada dua cara yaitu dengan klik tautan sesuai dengan intruksi di email, atau reply email tersebut tanpa menambahkan isi. Direkomendasikan untuk reply email karena merupakan cara yang termudah.

  5. Tunggu email balasan dari pihak Yahoogroups yang menyatakan Anda sudah diterima dalam Milis atau ditolak karena beberapa sebab.


Pada Milis juga ada beberapa tipe konfirmasi keanggotaan dan penerusan pesan ke grup. Beberapa di antaranya dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Open Milis. Ketika ada permintaan untuk mendaftar member baru, secara otomatis Milis akan memberikan email konfirmasi dan langsung disetujui setelah subscriber memberikan konfirmasi.

  2. Close Milis. Berbeda dengan Open Milis, setelah subscriber menkonfirmasi proses pendaftarannya, permintaan masih memerlukan persetujuan dari moderator milis.

  3. Moderated Milis. Tiap pesan yang dikirim anggota memerlukan persetujuan moderator sebelum diteruskan ke seluruh anggota Milis.

  4. Unmoderated Milis. Pesan-pesan yang dikirimkan oleh anggota ke Milis langsung diteruskan ke semua anggota tanpa persetujuan terlebih dahulu oleh moderator.


Catatan:

  1. Untuk mendaftar pada Milis yang terdapat di Googlegroups, caranya sama hanya perbedaan ada pada alamat pengiriman email kosong. Jika pada Yahoogroups menggunakan tanda strip (-) antara nama_group dan kata subscribe, pada Googlegroups menggunakan tanda plus (+). Contoh kartunet+subscribe@googlegroups.com

  2. Sedangkan untuk berhenti langganan, cukup kirimkan email kosong dengan mengganti kata subscribe menjadi unsubscribe dengan proses yang sama.

  3. Apabila ingin mengetahui milis-milis yang sesuai dengan minat, dapat menemukannya dengan memanfaatkanf asilitas search group di www.yahoogroups.com

  4. Bagi Anda yang ingin membuat milis untuk keperluan tertentu, cukup cari Start your group pada Yahoogroups, dan ikuti langkah demi langkahnya.



Demikian tutorial singkat untuk lebih menjelaskan Anda tentang Milis atau Mailing List. Silakan gunakan Milis untuk mencari informasi, kenalan dengan minat serupa, atau berkoordinasi dengan banyak orang via online. Dengan Milis Anda tidak hanya dapat mengirim pesan, tapi juga dapat mengirimkan file yang dibutuhkan oleh anggota Milis. Selamat berjejaring dan menemukan pengalaman baru melalui Milis.(DPM)

Komentar

  1. blog Paybill.id3 Agustus 2016 00.38

    Tahun sekarang, masih digunakan oleh orang-orang ya ternyata :)

    BalasHapus
  2. hehe. yahoogroups masih. paling mulai tersaingi oleh googlegroups atau grup WA :D

    BalasHapus
  3. hehe. memang agak jadul, tapi mailing list dengan email masih lebih universal dengan fitur2 yang mudah, termasuk untuk pengarsipan kita.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun