Langsung ke konten utama

Optimalkan Manfaat Super Twitter

Kita bertemu lagi pada tutorial belajar Twitter. Sampai seri ini pun kita masih akan membahas persoalan yang sifatnya konseptual. Namun saya yakin, anda tentu sudah semakin tertarik untuk mencoba Twitter bukan? Meski begitu, tenang kawan. Dalam beberapa seri ke depan, kita akan segera memasuki tutorial teknis di dalam Twitter. Jadi, bersiap-siap dan ikuti terus update kelas belajar Social Media.

Untuk edisi kali ini, kita akan menelaah sejauh apa keunggulan-keunggulan Twitter yang ada dapat kita optimalkan. Nah, penasaran kan? Dari keunggulan Twitter saja sudah super, bagaimana jika kita optimalisasi lagi? Tentu bisa. Situs microblogging yang amat sederhana ini, punya kemampuan yang amat powerful. Tiga hal besar yang menjadi inti dari point-point yang akan saya paparkan di bawah ini adalah relasi, promosi, dan dolarisasi. Baiklah, langsung kita mulai saja beberapa manfaat tingkat lanjut dari Twitter. Jika anda ingin menambahkan informasi atau sekedar bertanya, silakan tulis di kolom komentar ya

  1. Sarana Promosi Blog atau Website
    Dengan Twitter, kegiatan promosi isi blog atau website amatlah mudah. Blogger dapat secara otomatis mengirimkan tautan ke update dari isi blog ke dalam account twitternya. Kemampuan ini tentu amat menghemat waktu dari seorang blogger. Ketika ada tulisan (posting) baru dari blog, secara otomatis blog mengirimkan informasinya di Twitter, dan info update tersebut akan tersebar ke semua followers anda.

  2. Integrasi Aplikasi Twitter dengan Situs Jejaring Sosial lain
    Melihat popularitas Twitter yang semakin menanjak, situs-situs jejaring sosial lain “terpaksa” harus “berdamai” dengan Twitter. Banyak aplikasi tambahan yang membuat antar situs jejaring sosial dapat saling terkoneksi. Seperti integrasi twitter dengan facebook. Dengan aktifkan aplikasi bernama “+twitter” di facebook, maka pengguna twitter dapat secara otomatis update status dari account twitternya. Dengan kata lain, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati. Sekali update twitter, beberapa situs jejaring sosial terupdate.

  3. Dapat Ilmu Langsung dari Sumbernya
    Di Twitter itu tempatnya para pakar untuk bersosialisasi. Banyak tokoh masyarakat yang membagikan ilmu dan pengalamannya melalui tweet-tweet dia di Twitter. Sosok seperti Anies Baswedan, Rhenald Kasali, Dewi Lestari, atau penulis Asma Nadia dengan rutin update twitter mereka untuk sekedar berbagi pada para followers-nya. Bahkan anda pun dapat langsung interaksi dengan mereka hanya cukup mention account twitter mereka. Apabila mereka berkenan atau ada waktu luang, ada kemungkinan pertanyaan anda akan dijawab. Intinya, tak ada batasan lagi untuk anda belajar langsung dari sumbernya di Twitter.

  4. Media Promosi yang Luar Biasa
    Twitter memberikan akses tak terbatas untuk para tweeps (sebutan untuk pengguna twitter). Tanpa harus follow account tertentu, anda dapat mention (tag jika di facebook) account seseorang. Biasanya untuk tujuan promosi, seseorang mention ke beberapa account dengan jumlah follower yang banyak. Apabila tweet tersebut diretweet (tweet ulang) oleh orang yang dimention, maka informasi dari tweet itu akan diterima oleh semua followers dari account itu. Sebuah upaya promosi yang amat efisien mengingat untuk retweet hanya diperlukan tekan satu tombol dan informasi dari tweet itu sudah tersebar.
    Selain itu, kemampuan promosi secara masif ini pun juga akan amat efisien jika anda punya followers yang setia dan bersedia me-retweet tweet-tweet anda. Bayangkan apabila anda punya minimal 100 followers saja. Kemudian dari tiap followers anda itu punya rata-rata 100 followers juga. Apabila anda buat satu tweet dan tiap followers anda retweet lagi tweet anda tersebut, maka ada 100 X 100 = 10000 orang yang membaca tweet berisi promosi tersebut. Amat luar biasa bukan?

  5. Tempat meraih uang dan uang.
    Selain Twitter bisa digunakan sebagai sarana promosi usaha anda, dari account yang anda miliki itu sudah dapat langsung menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Masih ingat dengan mekanisme punya 100 followers minimal? Hal itu yang dapat mengundang uang pada anda.



Melihat twitter yang amat potensial, banyak pihak jasa periklanan yang bersedia untuk membayar satu tweet iklan yang anda tweet ke followers anda. Namun tidak sembarang anda masuk kriteria para pengiklan ini, hanya account-account dengan followers yang berjumlah amat banyak yang potensial bagi mereka. Jadi bagi anda yang berhasil memiliki followers ribuan atau bahkan ratusan ribu, bersiaplah untuk meraih rupiah atau dolar.

Mungkin beberapa manfaat menggunakan twitter di atas yang mampu saya hadirkan untuk seri tutorial kali ini. Tentang bagaimana cara untuk memaksimalkan keunggulan tersebut, tentu akan kita bahas di kesempatan berikutnya.)DPM)

Komentar

  1. twitter memang sangat-sangat berguna :)
    saya sendiri lebih mengoptimalkannya untuk promosi blog..

    BalasHapus
  2. sama gan. apalagi pakai plugin yang bisa buat autotweet secara berkala. ya lumayan siapa tahu ada yang iseng klik via twitter kita :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun