Langsung ke konten utama

GW Connect, Skype Client yang Aksesibel

Kita baru saja selesai untuk seri tutorial Twitter. Kini Anda akan belajar hal yang tak kalah seru yaitu Skype. Tentu Anda pernah dengar tentang apa itu Skype. Skype adalah program untuk komunikasi via internet baik melalui suara (voice), tulisan (chat), atau video (webcam). Sebelum ada Skype, program chatting yang populer dikenal adalah Yahoo Messanger (YM). Namun satu hal yang jadi kelebihan dari Skype adalah kualitas voice call atau panggilan suara yang baik. Selama koneksi internet yang dipakai bagus, maka kualitas suara terdengar jauh lebih bening daripada panggilan telepon GSM.

Kehadiran Skype amat membantu dalam komunikasi jarak jauh sekaligus dapat menekan biaya. Bayangkan saja sebelum ada teknologi VOIP (Voice Over IP) yang digunakan Skype, sambungan langsung internasional via telepon memerlukan biaya yang mahal. Dengan Skype, Anda cukup memiliki jaringan internet unlimited dan komunikasi antar Skype tidak dikenakan biaya sama sekali. Kecuali jika Anda pakai paket internet kuota, maka lama komunikasi akan mengurangi kuota Anda. Jadi, bagi anda yang ingin punya usaha baik barang atau jasa dan butuh komunikasi online, Skype boleh dipilih sebagai solusi ekonomis.

Bagi pengguna screen reader, Skype sendiri sebetulnya cukup dapat diakses. Apalagi yang pakai Jaws for Window, banyak dapat diunduh JawsScript untuk membuat Skype lebih accessible. Namun program Skype cukup rajin melakukan update, sehingga Anda harus rajin pula untuk cari JawsScript baru dan memasangnya di laptop/PC. Selain itu, loading Skype juga dirasakan agak berat karena fitur-fitur yang banyak dan sebetulnya tak semuanya diperlukan oleh pengguna Screen Reader.

Sebagai solusi hadir program bernama GW Connect yang diproduksi oleh GWMicro.com. GW Connect adalah program Skype Client yang dibuat untuk pengguna screen reader. Dia meminimalisir fitur-fitur yang tidak diperlukan, sehingga membuat GW Connect lebih ringan ketika loading dan mudah dalam navigasi tanpa perlu script tambahan. Program didesain untuk Screen Reader Window Eyes, tapi Screen Reader lain seperti JAWS tetap dapat menggunakannya. Fitur yang didukung saat ini yaitu voice call dan text chat. Untuk video call pihak GWMicro menjanjikan akan segera mengembangkan fitur tersebut di versi GW Connect selanjutnya.

Sign up Skype Account

Sebelum dapat menggunakan Gw Connect, tentu Anda sudah harus memiliki account Skype. Buat account di Skype gratis dan cukup mudah. Masuk ke www.skype.com, kemudian cari tautan “join Skype”, atau langsung klik di sini. Seperti proses registrasi pada umumnya, Anda diminta untuk memasukkan data diri, username yang diinginkan, password, dan seterusnya. Perhatian untuk input password. Skype menghendaki password minimal 6 karakter dan terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Di bagian akhir form juga ada kode captcha perifikasi. Cukup Anda atasi dengan Webvisum.

Instalasi GW Connect

  1. Siapkan username dan password Skype Anda. Ada baiknya Anda mencatat juga data login tersebut di file text dan menyimpannya di folder rahasia untuk backup.

  2. Unduh file instalasi GW Connect dari situs gwmicro.com, atau langsung klik di sini.

  3. Jalankan file yang telah Anda unduh dan mulai proses instalasi. Cukup ikuti langkah demi langkah seperti proses instalasi  program pada umumnya.

  4. Pilih launch program automatically sebelum Anda klik Finish.

  5. Saat program berjalan, GW Connect akan meminta Anda memasukkan username dan password Skype.

  6. Pada opsi “Automatic sign me in when GW Connect start”. Beri tanda centrang agar Anda tak perlu memasukkan username dan password lagi setiap kali open program.

  7. Klik “sign in”, dan Anda akan masuk ke jendela utama GW Connect.

  8. Jika berhasil, maka status di title bar GW Connect akan menunjukkan Online.


Voice Call Menggunakan GW Connect

Ketika Anda sign in di GW Connect, Anda berada di daftar teman Skype. Karena account Skype baru dibuat, maka belum ada kontak Skype siapapun kecuali “Echo / Sound test service”. Kontak Skype tersebut adalah layanan dari Skype untuk mengetahui apakah perangkat audio Anda bekerja dengan baik atau tidak.

Mulai voice call ke kontak tersebut dengan menekan tombol aplikasi, kemudian enter pada “call”. Dapat juga dengan menekan short-cut Control+L pada kontak. Ketika Anda call, akan ada balasan suara operator yang mengintruksikan Anda untuk berbicara setelah bunyi Bip. Saat Anda bicara, pihak Skype akan merekam dan memutarnya ulang. Jika Anda berhasil merekam suara Anda sendiri, berarti perangkat audio Anda siap untuk digunakan berkomunikasi dengan GW Connect. Sebaliknya, jika tidak terekam apa-apa, coba cek settingan audio di laptop/PC atau perangkat headset Anda mungkin bermasalah.

Chat Text dengan GW Connect

Selain voice call, GW Connect juga nyaman untuk melakukan chat tulisan. Yaitu pada kontak yang Anda ingin ajak chat, tekan tombol aplikasi, dan enter pada “chat”. Akan terbuka jendela chatting dan Anda cukup mengetikkan pesan lalu tekan enter. Untuk membaca pesan Anda dan balasannya, dapat gunakan Route Jaws to PC (Untuk JAWS), atau tekan shift tab menuju ke Message History. Di sana Anda dapat membaca deretan pesan yang ditulis dan waktu terkirim pesan. Jika sudah selesai chatting, tekan escape atau close.

Menambahkan kontak di GW Connect

Tentu Anda ingin segera bisa mencari kontak kenalan lalu dimasukkan ke Contact List di GW Connect Anda. Caranya cukup mudah. Anda akan dibantu oleh gW Connect menemukan username Skype kenalan Anda.

  1. Aktifkan menu Contact, tekan panah atas/bawah cari “search contact”, tekan enter. Short-cut tekan control+F.

  2. Pada field “Skype Name” masukkan username orang yang ingin Anda add jika sudah yakin mengetahui userID dia.

  3. Pada field “full name”, masukkan nama lengkap atau sebagian nama orang yang ingin Anda cari UserID Skype.

  4. Atau pada field “email”, jika Anda hanya mengetahui email dari orang yang ingin dicari UserID Skype.

  5. Sebagai contoh, pada field “Skype Name”, masukkan kata “Kartunet”.

  6. Klik search untuk memulai proses pencarian.

  7. Pada field list view hasil pencarian, akan muncul akun-akun Skype yang terkait dengan keyword pencarian Anda.

  8. Pilih akun yang paling relevan, tekan tab dan klik pada “add”.

  9. Kemudian muncul kotak dialog “send authorization request”. Ketikkan pesan tertentu yang menunjukkan bahwa Anda kenal dengan orang yang akan Anda add agar dia yakin siapa Anda.


10.  Klik Ok, dan Anda dapat meneruskan proses pencarian akun Skype lain atau close jika telah selesai.

Beberapa Short-Cut Penting

  1. Control+L. Memulai voice call.

  2. Control+T. Membuka jendela chat text.

  3. Alt+page up. Mengangkat panggilan/call masuk.

  4. Alt+Page down. Menutup sambungan pembicaraan.

  5. Control+F. Mencari kontak Skype.



Sekian pembahasan singkat program GW Connect. Silakan Anda gunakan program ini sesuai dengan keperluan Anda. Apakah untuk berkomunikasi dengan relasi bisnis jarak jauh, berkoordinasi dalam tim, atau sekedar menjalin tali silaturahim dengan teman. Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar.

Komentar

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun