Langsung ke konten utama

Hosting Terbaik, Murah, dan Cepat Diakses dari dan Luar Indonesia

Jakarta - Memilih penyedia hosting jadi satu hal paling mendasar yang harus dilakukan oleh blogger atau pembuat website profesional. Apabila salah memilih hosting, hal tersebut dapat berdampak pada kualitas kecepatan dan tingkat kestabilan website. Tapi jangan khawatir, saya saat ini sedang mencoba layanan HawkHost yang menurut saya jadi hosting terbaik, murah, dan cepat diakses dari dalam dan luar Indonesia.

Dapat dikatakan saya sudah mencoba berbagai layanan hosting dari yang luar negeri dan lokal punya. Sebut saya BlueHost, HostGator, InterServer, hingga beberapa penyedia hosting lokal yang kurang enak jika disebutkan di sini sudah dicoba tapi tidak semuanya memenuhi ekspektasi dan kebutuhan. Hingga saya mendapat rekomendasi dari teman untuk menggunakan jasa HawkHost karena betul-betul memenuhi kebutuhan saya sebagai blogger. Selain harga yang relatif lebih murah jika dibanding beberapa penyedia jasa hosting yang sudah disebutkan sebelumnya, kapasitas pun sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling penting adalah pilihan lokasi server HawkHost ada yang di Singapura. Mengapa semua itu penting? Mari simak pembahasan berikut.

Memilih Hosting Terbaik, Murah, dan Cepat Diakses Dari dan Luar Indonesia



Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hosting, terutama untuk kita para blogger Indonesia yang target utama pembaca blog yaitu dari dalam Indonesia, tapi tak menutup kemungkinan untuk mendapatkan traffic dari internasional. Maka, beberapa hal ini patut dipertimbangkan:

Lokasi server hosting di Singapura.

Ini tak ada kaitannya soal nasionalisme. Memilih hosting handal haruslah disesuaikand engan kebutuhan. Lokasi sebuah server akan berpengaruh pada kecepatan dari mana website kita diakses. Jika mayoritas pengunjung blog atau website kita adalah dari dalam Indonesia, maka tak ada salahnya memilih hosting yang lokasi servernya di Indonesia. Akan tetapi, server lokal ini memiliki beberapa kelemahan. Menurut pengalaman, jangan saya menemukan ada server lokal yang benar-benar kuat, dalam artian stabil dan punya kapasitas memori besar ketika mendapat banyak kunjungan. Hal yang banyak terjadi adalah saat traffic website mulai tinggi, maka hosting hobi sekali down atau database connection error. Tentu ini mengesalkan buat kita sebagai webmaster dan terlebih lagi buat pengunjung.

Selain itu, hosting lokal di Indonesia juga biasanya punya bandwidth atau jalur traffic internasional yang kecil. Jadi akan terasa sangat lambat jika diakses oleh pengunjung dari luar Indonesia. Mungkin ini tak disadari, jika blog atau website sulit diakses dari internasional, maka akan menyulitkan juga Google atau mesin pencari lainnya ketika menelusuri konten Anda. Apalagi jika website jadi sering down, maka akan berdampak negatif untuk peringkat Anda di mata mesin pencari.

Maka dari itu, pilihan untuk menggunakan server di Singapura alias Singapore jadi satu pilihan hosting terbaik, murah, dan cepat diakses dari dan luar Indonesia. Sebab lokasinya yang bertetanggaan dengan Indonesia, membuat hampir tak ada bedanya dengan hosting lokal ketika diakses dari dalam Indonesia. Sedang server di Singapura pada umumnya memiliki kualitas hardware yang jauh lebih baik sehingga punya daya memori yang lebih besar dan bandwidth internasional yang lebih baik. Jadi kecepatan akses dari dan luar Indonesia akan relatif seimbang kecepatannya.

Kapasitas yang Sesuai Kebutuhan

HawkHost memang tak seperti HostGator atau BlueHost yang menyediakan paket unlimited space. Hanya ada kapasitas terkecil 3000Mb, 6000Mb, dan kelipatannya. Akan tetapi, menurut saya untuk menghadirkan blog atau website yang stabil dan cepat diakses bukan soal kapasitas. Hal terutama adalah daya memori dan bandwidth yang unlimited. Sebab bandwidth yang unlimited atau tak terbatas, menjamin website Anda tak akan kena suspen meski traffic sedang tinggi saat itu. Selain itu, kapasitas 3000Mb menurut saya sudah sangat cukup untuk paling tidak 5 blog yang dipasang sebagai addon domain dalam hosting yang sama. Karena jika Anda punya software atau file-file ukuran besar sebagai konten download, Anda dapat gunakan jasa website uploader lalu tautan URL dipasang di blog Anda. Jadi, jangan tergiur dulu dengan Unlimited web space yang ditawarkan provider lain, tapi ingat kebutuhan Anda. Toh meski unlimited web space, tak mungkin juga kan blog Anda menghabiskan kapasitas ratusan GB? Bisa kena suspen jika tak hati-hati :D

Harga Terjangkau!

Ini dia yang tak kalah penting. Harga tiap paket di HawkHost saya jamin jauh lebih murah jika dibanding dengan paket langganan 3 tahun di hosting provider lain. Saya tak tahu mengapa dapat murah seperti itu, tapi ini fakta. Jika harga normal saja sudah lebih murah, di HawkHost masih ditambah engan coupon-coupon promosi yang gila-gilaan. Sudah deh, tak perlu panjang lebar. Jika ingin tahu harga tiap paket yang sedang berlaku, silakan langsung klik di sini. Pembayaran dapat menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Update 2 April 2015: Sedang ada discount besar di HawkHost! Ada discount 60% untuk pembelian hosting baru. Langsung menuju ke HawkHost, dan pakai coupon newsite2015.

Komentar

  1. Dulu pernah pake hawkhost 1 taun tapi karena berat kalau pas akses cpanel akhirnya sy pindahin semua ke hostgator :)

    BalasHapus
  2. Disini sekedar menambahi tentang penyedia hosting cepat dan gratis buat website sobat semua, daripada kita keluar biaya yang banyak. Siapakah penyedia hosting gratis tersebut, antara lain:

    runhostings.com
    webhosting.web.id
    plasawebs.com
    jagoanwebs.com

    Silakan buat web hosting disana sobat, demikian info dari kami, terima kasih from seowaps.com

    BalasHapus
  3. oo really? Alhamdulillah ini pakai Hawkhost yang paket standar dipakai beberapa domain addon belum ada masalah seperti itu kak :)

    BalasHapus
  4. Masih seneng pake hosting di dalem negeri aja. Niagahoster udah bagus, puas selama langganan disana

    BalasHapus
  5. Kapan2 deh cobain hosting luar. Kalo untuk sekarang masih seneng sama niagahoster. Hosting yang lokal-lokal dulu. Gak kalah bagus juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun