Skip to main content

Jika Gagal Dapat Tiket Kereta Api Arus Balik

Jakarta - Belum tenang rasanya jika belum dapat tiket online kereta api arus balik. Karena persaingan mendapatkan tiket H-90 makin ketat, maka ada baiknya jika membuat rencana cadangan apabila gagal dapat tiket kereta api arus balik. Berikut beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan apabila rencana mudik lebaran kamu di luar harapan ideal.

Sistem reservasi tiket online yang diterapkan PT Kereta Api Indonesia mengubah gaya perjalanan kita. Apabila sebelumnya perjalanan jarak jauh dilakukan dengan spontan, yaitu packing lalu datang ke stasiun atau terminal dan beli tiket, kini hal tersebut tak dapat dilakukan lagi. Calon penumpang harus sudah memiliki tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Ini untuk menjamin tiap orang mendapat kursi dengan tingkat kepuasan maksimum, tak seperti beberapa tahun lalu yang berapapun calon penumpang, selama masih dapat dijejalkan ke dalam gerbong, maka kereta api berangkat. Dengan sistem ini pula, kita dapat merencanakan kapan ingin berangkat dan kembali, termasuk mempersiapkan segala kemungkinan apabila gagal dapat tiket kereta api arus balik.

Dimas Prasetyo Muharam - Jika Gagal Dapat Tiket Kereta Api Arus Balik

Gagal Dapat Tiket Kereta Api Arus Balik : Cari alternatif Moda Transportasi



Banyak jalan menuju Roma. Meski kamu tidak menuju ke kota Roma di Italia, tapi tentu banyak pilihan moda transportasi menuju ke kota tempat kamu merantau. Memang kereta api adalah pilihan yang relatif paling ekonomis, tapi masih ada opsi lains seperti bus atau pesawat terbang yang jika kamu jeli dalam memilihnya, dapat harga terbaik. meski tak semurah kereta api, tapi mau bagaimana lagi, jika niat sudah ingin silaturahim dengan keluarga di kampung halaman, maka rencana harus tetap jalan.

Khusus untuk bus, mungkin ini strategi klasik ya. Tapi biasanya agar mendapat harga lebih miring, banyak yang memilih naik bus malam tidak dari terminal, tapi cegat di halte pinggir jalan tempat bus itu lewat sebelum masuk tol. Karena jika sudah keluar dari terminal, biasanya harga tiket ditentukan oleh kondektur dan ada kemungkinan lebih murah dibanding harga resmi. Bahkan kadang harga tiket dapat tawar-menawar dengan kondektur sebelum masuk bus. Keuntungan lain naik bus mungkin dapat lebih mempersingkat jarak dengan rumah. Sebab bus biasanya menjangkau lokasi-lokasi yang lebih jauh dibanding kereta api yang hanya sampai stasiun. Dengan demikian, ada kemungkinan pula kamu dapat menghemat ongkos taksi dari stasiun ke rumah tapi cukup tinggal naik angkot.

Sedangkan untuk tiket pesawat terbang, coba manfaatkan promo-promo yang diadakan oleh agen perjalanan. Biasanya, ada promo potongan harga untuk pengguna provider selular tertentu, atau dengan syarat mengunduh aplikasi mobile dari agen tiket tersebut. Kamu tentu dapat manfaatkan ini. Jika perlu, pakai gadget berbeda milik keluarga agar bisa mendapatkan potongan harga di tiap aplikasi yang diinstall.

Gagal Dapat Tiket Kereta Api Arus Balik: Naik angkutan ketengan



Ini solusi lain untuk cadangan apabila kamu gagal dapat tiket kereta api arus balik. Dari pada telat kembali ke kota asal, lebih baik pilih untuk naik kendaraan secara ketengan atau sambung-menyambung dari satu kota ke kota lainnya. Akan tetapi pilihan ini nampaknya kurang efisien untuk perjalanan keluarga. Jika yang masih bujangan, tentu tak ada masalah dengan gonta-ganti kendaraan. Bahkan biasanya, biaya naik kendaraan secara ketengan ini jatuhnya akan lebih murah dibanding dengan yang sekali jalan. Tapi ya itu tadi, konsekuensinya adalah harus siap tidur terganggu karena ganti kendaraan di tengah jalan beberapa kali.

Gagal Dapat Tiket Kereta Api Arus Balik : Batalkan dan refund tiket



Ini pilihan terakhir menurutku dan semoga tidak terjadi saat gagal dapat tiket kereta api arus balik. Dengan pemesanan tiket H-90, ada waktu banyak untuk kamu berfikir ulang apabila telah mendapatkan tiket arus mudik, tapi tiket arus balik tak tersisa satupun. Pilihannya yaitu dengan cari alternatif selain kereta api, atau banting stir dengan batalkan perjalanan mudik dan mengembalikan tiket yang sudah didapat ke stasiun yang termasuk dalam jaringan online PT Kereta Api Indonesia.

Ada beberapa ketentuan untuk pembatalan tiket online dari PT KAI yang aku kutipkan berikut


Pembatalan tiket

1. Pemohon pembatalan tiket harus pemilik tiket yang bersangkutan dan dapat menunjukan bukti identitas asli yang sesuai dengan data yang tercantum pada tiket serta menyerahkan fotokopinya 
2. Permohonan pembatalan tiket dilakukan di loket stasiun yang ditunjuk selambat lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum dalam tiket.
3. Dikenakan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pesan 
4. Dalam hal pemohon pembatalan tiket bukan pemilik tiket yang bersangkutan maka permohonan pembatalan tidak dapat dilakukan kecuali melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan tiket dengan tetap menunjukan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopinya 
5. Jika tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud 
6. Pemohon mengisi formulir pembatalan, terdiri dari rangkap 2 berisi data yang harus diisi, berupa data tiket dan data penumpang serta keterangan pengambilan bea pembatalan. Formulir pembatalan tembusan yang telah divalidasi diberikan kepada pemohon , sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengambilan bea pembatalan jika pilihan pengembalian bea secara tunai 
7. Pengembalian bea tiket yang dibatalkan dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk.
8. Pada saat mengambil bea tiket yang dibatalkan, penumpang menyerahkan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukan bukti identitas asli yang sesuai. Jika dalam satu formulir pembatalan terdiri dari lebih dari satu tiket maka pengambilan bea dapat diwakilkan pada salah satu penumpang yang tertera pada formulir tersebut. 
9. Jika formulir pembatalan hilang maka wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian pada saat pengambilan bea tiket yang dibatalkan.     


Jangan lupa jika membatalkan tiket karena gagal dapat tiket kereta api arus balik, pilih metode pengembalian yang transfer bank ya. Jadi kamu tak perlu bolak-balik ke stasiun untuk ambil refund. Potongan sebesar 25 persen, menurutku lumayan daripada tiket hangus sama sekali. Ambil saja hikmahnya bahwa dengan membatalkan tiket itu, mungkin dapat menolong orang lain yang ingin mudik tapi tak kebagian tiket sebelumnya. Di sisi lain, ini juga dapat jadi poin harapan, bahwa rajin-rajinlah mengecek situs pemesanan tiket PT KAI. Karena siapa tahu, meski sudah jauh dari H-90 keberangkatan, ada tiba-tiba tiket yang available karena pembatalan. Who knows :)

Demikian sedikit saran apabila terpaksa gagal dapat tiket kereta api arus balik. Mudah-mudahan tidak perlu diterapkan dan kita berhasil mendapatkan tiket kereta api yang sesuai, agar perjalanan mudik lebaran untuk silaturahim dengan keluarga tetap nyaman dan aman.(DPM)

Comments

  1. Ketinggalan kereta arus balik kadang menjadi tekanan tersendiri, tp bs dicoba utk pantengin media online di jam-jam terakhir keberangkatan kereta berikutnya, kadang jk bernasib baik bs dapet tiket utk kembali :-)

    ReplyDelete
  2. btw untuk beli tiket itu kita ga bisa datang hari H yak? Langsung ke stasiun? Soalnya beberapa kali saya coba online ngga bisa terus...

    ReplyDelete
  3. pembelian tiket kereta langsung di stasiun pas hari H masih bisa kok. cuma ya stock terbatas. jadi daripada khawatir sudah jauh2 datang ke stasiun ga kebagian tiket, dan juga ga bisa pilih2 kursi lagi. jadi lebih baik booking beberapa hari sebelumnya. booking online kalo ga salah 3 jam sebelum keberangkatan paling telat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun