Skip to main content

Pesan Tiket Kereta Api Via Aplikasi Mobile KAI Akses

Jakarta - Pemesanan tiket kereta api dari PT Kereta Api Indonesia kini lebih mudah. Jika sebelumnya tiket dapat dibeli via mini market seperti alfamart atau Indomart, juga situs reservasi tiket partner PT KAI seperti Tiket.com, kini tiket kereta api dapat dipesan melalui aplikasi mobile yang dikeluarkan resmi oleh PT KAI bernama KAI Akses. Dengan aplikasi mobile KAI Akses, kamu dapat memesan tiket kereta api dimanapun, kapanpun, bahkan sambil tengkurap di dalam kamar.

Jadi beberapa hari belakangan ini memantau terus situs resmi PT KAI untuk pemesanan tiket online di http://tiket.kereta-api.co.id, tak sengaja menemukan informasi mengenai aplikasi mobile KAI Akses. Aplikasi ini memang dikeluarkan langsung oleh PT KAI untuk mempermudah pemesanan tiket dari perangkat telepon pintar alias smartphone. Dari informasi yang diakses di apps.kereta-api.co.id, aplikasi ini sudah dapat dipakai multiplatform yaitu di BlackBerry, iOs, dan juga Android.

Dimas Prasetyo Muharam - Pesan Tiket Kereta Api Via Aplikasi Mobile KAI Akses

Fitur-fitur Pesan Tiket Kereta Api via Aplikasi Mobile KAI Akses



Aku sudah install aplikasi KAI Akses ini di perangkat iPhone 4s dan berjalan cukup baik. Ada beberapa fitur utama yang mempermudah pengguna, bahkan tak ada di situs resmi pemesanan tiket kereta api yang biasa.


  1. Pesan tiket kereta api PP.
    Ini fitur yang pastinya harus ada dalam aplikasi ini. Kamu cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, lalu tanggal keberangkatan maksimal H-90, lalu jumlah kursi yang dipesan, dan klik "search". Nanti akan muncul pilihan jadwal kereta dari berbagai kelas dan tinggal dipilih mana yang masih tersedia kuota kursinya. Tapi yang istimewa, adalah adanya fitur untuk langsung memesan tiket PP alias pergi-pulang. apabila tiket pulang sudah tersedia jadwalnya, kamu dapat langsung memesannya dan bayar sekaligus tanpa repot.

  2. Lihat Peta Jalur Kereta.
    >
    Ada yang keren juga yaitu kamu dapat memanfaatkan fitur geo location di smartphone untuk mengecek stasiun terdekat dan posisinya. Kamu juga bisa tahu jalur perjalanan kereta termasuk melewati stasiun apa saja dari aplikasi mobile KAI Akses.

  3. Simpan Kode Booking.
    Apabila kamu memesan tiket kereta api tidak dari aplikasi mobile KAI Akses, tak perlu khawatir. Kamu dapat memasukkan kode booking yang didapat, lalu set di aplikasi mobile KAI Akses. Dengan memasukkan kode booking tersebut, kamu akan mendapatkan reminder mengenai waktu keberangkatan dan jadwal lengkap dari aplikasi KAI Akses. Jadi tak perlu kelewatan jadwal kereta api yang sudah dipesan dengan aplikasi ini.

  4. Dapat simpan data calon penumpang.
    Ini yang super keren dan mempersingkat waktu pemesanan tiket. Apalagi jika di momen pemesanan tiket kereta api untuk mudik lebaran, tentu kecepatan jadi kunci untuk memenangkan persaingan tiket. Jika kamu harus secara manual isi data calon penumpang satu per satu, tentu akan menguras waktu. Dengan aplikasi mobile KAI Akses, kamu dapat menyimpan maksimal empat data calon penumpang. Ini cocok untuk menyimpan data keluarga yang biasanya akan pergi secara bersama-sama. Di fitur ini, kamu dapat menyimpan data yang dibutuhkan untuk pemesanan seperti nama lengkap, nomor identitas, dan tanggal lahir.

  5. Aplikasi sudah aksesibel.
    Untuk pengguna program pembaca layar atau screen reader, aplikasi mobile KAI Akses sudah accessible user-friendly. Paling tidak, saat aku coba dengan iPhone 4s dan program Voiceover, aplikasi ini sangat ringan dan terbaca semua fitur-fiturnya. Memang ada beberapa tombol yang masih belum diberi label, tapi kita dapat beri custome label dengan iOs.



Masukan untuk Pesan Tiket Kereta Api via Aplikasi Mobile KAI Akses



Setelah menggunakan aplikasi mobile KAI Akses, sebetulnya aku cukup puas. Apalagi aplikasi ini cukup accessible untuk Voiceover. Akan tetapi kekurangannya saat ini hanya ada pada konektivitas server yang kadang mengalami gangguan. Ini sebetulnya pengaruh dari kapasitas server yang nampaknya kurang memadai dimiliki oleh PT KAI. Terutama pada jam-jam di saat traffic tinggi, misal waktu awal pembukaan tiket mudik lebaran, maka sering sekali muncul notifikasi koneksi gangguan atau Jadwal Kereta tidak ditemukan. Mungkin solusi terbaiknya adalah pastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan baik dan lancar, jika sudah support sinyal 4G, itu lebih bagus. Apabila masih ada gangguan koneksi, maka cobalah terus atau tunggu sesaat sampai dapat slot untuk akses server PT KAI.

Cara Pembayaran Pesan Tiket Kereta Api via Aplikasi Mobile KAI Akses



Metode pembayaran tiket kereta api yang sudah dipesan pun lebih mudah. Selain dengan transfer ATM, pembayaran di mini market, atau via payment point yang menjadi rekanan PT KAI, pembayaran pun langsung dapat dilakukan dengan Klikpay BCA dan kartu kredit Visa dan Mastercard. Untuk pembayaran dengan kartu kredit Visa dan Mastercard, langsung dapat dilakukan via aplikasi mobile KAI Akses, tanpa perlu kemana-mana. Adapun yang ingin melalui ATM transfer, dapat masukan 13 digit kode pemesanan dan bayar lewat ATM pada bank-bank berikut:


  • Bank Mandiri

  • Bank BII Maybank

  • Bank BRI

  • Bank BRI Syariah

  • Bank BPR KS

  • Bank OCBC NISP

  • BPD DIY

  • Bank Panin

  • Bank CIMB Niaga

  • Bank BNI

  • Bank BJB

  • Bank BCA



  • Sekian sedikit ulasan mengenai Pesan Tiket Kereta Api via Aplikasi Mobile KAI Akses. Semoga dapat menjadi alternatif terutama untuk kamu yang super sibuk, atau tak mau repot-repot keluar rumah untuk beli tiket kereta api via Alfamart atau Indomart, atau transfer ke mesin ATM. Jika sudah coba aplikasi mobile KAI Akses, boleh ya dishare di kolom komentar.(DPM)

Comments

  1. Kalau pesen tiket via apps gini, bakalan tetep dapet diskonan sama kayak kalau pesen di websitenya ga ya?

    ReplyDelete
  2. sayangnya meski dipesan lewat aplikasi mobile, tiket tetap harus dicetak ya.. andai tinggal tunjukkan saja e ticketnya, kayak kalo kita naik pesawat gitu.

    ReplyDelete
  3. iya juga ya. jadi agak nanggung kan ya biar sekalian paperless. Mungkin untuk mengantisipasi bahwa belum semua penumpang KA familiar dengan smartphone, atau bisa jadi kapasitas petugas KA yang semuanya juga belum upgrade. Jadi win-win solution ya tetap ada tiket tercetak. Lebih praktis juga disimpannya. Oia, dan satu hal juga, agak bahaya ga sih kalo keluarin smartphone, apalagi yang harganya mahal, di kerumunan penumpang KA di stasiun? hehe :)

    ReplyDelete
  4. bisa jadi hargta mengikuti dengan harga resmi di website kak. karena kan database-nya sama :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun