Skip to main content

Tiket Kereta Api Jakarta Solo Paling Murah

Jakarta - Saat lebaran memang paling asik mudik ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Tapi namanya orang hidup, maka hidup harus hemat. Jadi ada baiknya jika perjalanan mudik lebaran direncanakan dengan cermat pula. Karena kampung halaman saya di Wonogiri, jadi opsi paling hemat adalah dapat tiket kereta api Jakarta Solo dengan rute Stasiun Pasar Senen - Solo Jebres atau Purwosari. Dari Solo, dapat naik bus sekitar 2 jam baru sampai ke Wonogiri. Untuk kamu yang sedang merencanakan perjalanan Jakarta - Solo, ada sedikit rekomendasi agar dapat tiket kereta api Jakarta solo paling murah.

Solo atau Surakarta adalah kota perlintasan jalur kereta api utama di Jawa. Tak sulit sebetulnya memperoleh tiket kereta api Jakarta Solo karena banyak jalur kereta, terutama yang menuju ke Jawa Timur melewati kota Solo. Ada tiga stasiun utama di Surakarta, yaitu stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, dan Stasiun Purwosari. Stasiun Solo Balapan dapat dikatakan stasiun Gambir-nya Solo, jadi hanya disinggahi oleh kereta-kereta elit. Sedang untuk yang kelas ekonomi, hanya singgah di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Purwosari. Namun tak perlu kecil hati, dengan pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini yang makin ditingkatkan, kereta ekonomi kini terasa bisnis dengan berbagai fasilitas seperti gerbong AC, stop kontak listrik, dan jaminan tempat duduk, serta keamanan.

Dimas Prasetyo Muharam - Tiket Kereta Api Jakarta Solo Paling Murah

Karena kita ingin mencari tiket kereta api Jakarta Solo paling murah, maka dua stasiun pemberentian yang akan dibahas yaitu di Stasiun Purwosari dan Stasiun Solo Jebres. Ada dua kereta api yang direkomendasikan karena harganya paling murah, bahkan setelah harga tiket kereta disesuaikan tanggal 1 April 2015, harga kedua kereta tersebut masih relatif murah. Apabila dibandingkan dengan kereta-kereta lain yang lewat kedua stasiun tersebut pun harga masih yang paling murah. Tapi kabarnya, setelah kenaikan harga tiket kereta api, ada penggantian gerbong dan peningkatan kualitas layanan lagi. Dua kereta yang dimaksudkan yaitu KA Bengawan dan KA Brantas.

Tiket Kereta Api Jakarta Solo KA Bengawan



KA Bengawan atau dulunya disebut juga Kereta Api Senja Bengawan, adalah pilihan paling murah dan terbaik untuk tiket kereta api Jakarta Solo. Sekitar lima tahun lalu, ketika PT Kereta Api Indonesia baru mengadakan pembenahan, kualitas KA Bengawan tidak seburuk yang dibayangkan. Meski masih harus berebut tempat duduk, tapi karena jalur lintasannya relatif pendek, yaitu hanya Jakarta - Solo dan sebaliknya, maka kesempatan untuk dapat kursi relatif besar apabila naik dari stasiun tempat pemberangkatan pertama. Di era tersebut, harga tiket masih sangat murah yaitu Rp 37.000. Sedangkan ketika secara bertahap kereta api ekonomi dilengkapi dengan pendingin udara, harga tiket KA Bengawan naik sedikit yaitu jadi Rp 50.000. Masih jauh lebih murah dibanding denganb bus malam AC Ekonomi yang apabila di musim lebaran, maka harga naik gila-gilaan. Sedangkan untuk tiket kereta harga stabil. Apalagi ketika pemesanan sudah dilakukan via online, dapat dikatakan bebas praktik percaloan.

Mulai 1 April 2015, harga tiket naik jadi Rp 80.000 perorang. Meski begitu, dikabarkan bahwa penyesuaian harga ini terjadi karena adanya pergantian gerbong kereta dengan yang lebih baru produksi PT Inka. Jadi dapat diperkirakan kualitas kereta akan lebih baik.

Jalur lintasan KA Bengawan dari Jakarta yaitu di Stasiun Pasar Senen dan berakhir di Stasiun Purwosari Solo. Ini adalah kebijakan baru PT KAI untuk membuat waktu tempuh lebih efisien, sebab sebelumnya KA Bengawan melintasi hingga Stasiun Solo Jebres. Dampaknya juga pada jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta. Perubahan ini juga yang membuat nama KA Senja Bengawan diganti menjadi KA Bengawan, karena kata "senja" yang menandakan kereta mulai berangkat di kala hari senja atau sore hari, sudah tidak berlaku lagi. untuk jaluar Jakarta - Solo, kereta berangkat 11:30 WIB dari Stasiun Pasar Senen, dan diperkirakan sampai di Stasiun Purwosari pukul 20:45. Sedangkan jalur Solo - Jakarta, KA Bengawan berangkat dari Stasiun Purwosari pukul 14:30 dan diperkirakan sampai Stasiun Pasar Senin 23:58. Jadi, untuk yang ingin melanjutkan perjalanan dari stasiun ke lokasi tujuan dengan kendaraan umum, sepertinya harus cukup lama nongkrong di stasiun hingga habis subuh, kecuali yang sudah ada jemputan di stasiun.

Tiket Kereta Api Jakarta Solo KA Brantas



Opsi alternatif untuk tiket kereta api Jakarta Solo selain KA Bengawan yang masih tergolong ekonomis adalah KA Brantas. Kereta yang punya trayek Stasiun Pasar Senin Jakarta sampai Stasiun Kediri di Jawa Timur ini melewati stasiun Solo Jebres via Semarang Poncol. Jadi berbeda rute dengan KA Bengawan yang lewat jalur selatan yaitu dari Cirebon lalu turun ke selatan ke Purwokerto lalu melewati Yogyakarta, KA Brantas ini dari Jakarta terus ke timur sampai Semarang baru mengarah ke selatan hingga stasiun Solo Jebres dan melanjutkan lagi ke Madiun. Kereta ini pun dari segi kualitas tak jauh berbeda dengan KA Bengawan, yaitu gerbong AC, ada stop kontak listrik untuk charge baterai, dan kamar mandi. Hanya dari sisi harga berbeda sekitar Rp 10.000 yaitu Rp 90.000 harga per 1 April 2015.

Kelebihannya, KA Brantas ini cocok buat anda yang mencari tiket kereta api Jakarta Solo dan tak ingin terlalu lama menunggu di stasiun hingga hari terang. Waktu pemberangkatannya relatif lebih sore dibanding KA Bengawan dengan jarak tempuh yang lebih jauh, sehingga waktu kedatangan di stasiun tujuan lebih lama dan mendekati waktu subuh. Untuk jalur Solo - Jakarta, KA Brantas akan berangkat dari stasiun Solo Jebres pukul 16:57, dan sampai di Stasiun Pasar Senen Jakarta 2.14 pagi. Sedangkan dari Jakarta - Solo, kereta berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 16:00 dan diperkirakan sampai Stasiun Solo Jebres jam 01:57 pagi. Jadi, mungkin hanya perlu menunggu sekitar 1 atau dua jam sampai bisa meneruskan perjalanan dengan kendaraan umum lokal. Apalagi jika kereta agak terlambat tiba, nah itu dapat lebih menyenangkan lagi :D.

Di atas beberapa rekomendasi untuk mendapatkan tiket kereta api Jakarta Solo paling murah. Sebetulnya ada alternatif lagi seperti KA Matarmaja dengan harga Rp 115.000. Tapi kereta ini cukup menjadi cadangan terakhir saja apabila Anda sudah kehabisan tiket KA Bengawan atau KA Brantas. Selamat merencanakan perjalanan.(DPM)

Comments

  1. om mau tanya..saya mau ke wonogiri jatisrono..klo naik kereta smp purwosari/jebres..trus nyambung apa lagi ya..apa sdh ada bus.mau naik ka brantas biar smp solo pagi..mksh

    ReplyDelete
  2. halo mas. Jika naik KA Brantas, dari St Solo Jebres dapat nyambung bus yang dari Solo ke Praci atau ke Pacitan mas. banyak bus yang lewat dekat stasiun. cukup jalan ke depan sedikit.

    ReplyDelete
  3. Om mau tny..saya insaallah mau kejkt bsuk tgl 22 desember..pesen tiketnya ndadak ap bisa..trus dr stasiun mana enaknya saya berangkat n sampai jkt turunnya stasiun mana??terima ksih

    ReplyDelete
  4. untuk turun stasiun, tergantung kereta-nya ya. Karena ada kereta yang lewat di stasiun Senen atau stasiun Gambir. Dua stasiun itu saling berdekatan kok, cuma beda kelas kereta saja yang lewat atau berhenti di sana. Untuk stasiun Senen, biasanya itu untuk kereta kelas ekonomi, sedang yang stasiun Gambir yang kelas bisnis atau eksekutif. Lalu untuk tiket, lebih baik memesan via online dulu. Tapi ini hanya dapat dilakukan minimal 2 X 24 jam sebelum keberangkatan. Jika ingin beli dadakan di stasiun, agak riskan ya. Apalagi jika sedang musim liburan. Daripada nanti sudah jauh2 ke stasiun lalu kehabisan, lebih baik rencanakan dulu perjalanan dan pesan via online atau beli di counter-counter seperti Alfamart atau Indomart.

    ReplyDelete
  5. Selamat siang mas... Mau tanya, sedikit urgent nih... Klo mau kepacitan dari jakarta turun di st. solojebres nyambung bus nama busnya apa ya?

    thanks.

    ReplyDelete
  6. siang mas. sayangnya di Jawa itu tidak seperti Jakarta yang satu bus punya merk tertentu dengan jumlah banyak dan trayek yang tetap. Lebih baik nanti setelah keluar stasiun bertanya saja mas. Karena banyak bus yang mengarah ke sana dengan berbagai merk. Semoga selamat dan nyaman di perjalanan ya mas :)

    ReplyDelete
  7. Oh gtu ya mas... Thanks infonya... Berarti saya ga harus keterminal tirtonadi dlu ya mas? maslahanya saya sampe di st. solojebres diperkirakan jam 2an dinihari...

    ReplyDelete
  8. kalo setahu saya mas, bus yanglewat paling pagi itu bus-bus yang dari luar kota dan lewat Solo, misal mau ke Wonogiri atau bablas ke Pacitan terus Jawa Timur. Itu kalo standar-nya baru akan lewat daerah sana sekitar jam 3 atau 4. Jadi mungkin kalo terlalu pagi, bisa stay dulu di stasiun sampai mulai pagi. Atau paling enak sih ya tanya2 ke ibu2 yang jual Pop Mie di stasiun, sambil sarapan anget2 :)

    ReplyDelete
  9. Klo ke pacitan naik bus Agra atau Sedya Mulya aja

    ReplyDelete
  10. Kalo dr jakarta ke solo naik dr stasiun senen berapa yah kira2

    ReplyDelete
  11. hai mbak Shela. ada dua alternatif yang paling murah itu naik KA Bengawan 80ribu, atau KA Brantas 90ribu. tapi masih ada alternatif lain seperti KA Gaya Baru Malam dll.

    ReplyDelete
  12. Mau tanya ka brantas apa nyaman untuk bawa anak kecil? Krna rencana mau k solo bawa anak2 & baby. Apa ada toiletnya? Mksh mas infonya

    ReplyDelete
  13. halo kak. Insya Allah aman dan nyaman. AC juga lumayan dan ada toiletnya. Meski tentu tidak dapat dibandingkan dengan kelas eksekutif, tapi saat ini layanan PT KAI untuk kereta kelas ekonomi pun sudah sangat manusiawi :)

    ReplyDelete
  14. Halo kak, saya rencananya mau ke wonogiri dari solo balapan . Itu transportnya enaknya gimana ya ke wonogirinya?

    ReplyDelete
  15. halo. Dari stasiun, naik bus atau kendaraan yang ke terminal Tirtonadi saja. Dari sana banyak sekali bus yang ke Wonogiri atau Praci. Kalo ga salah sekitar 10 atau 15ribu deh.

    ReplyDelete
  16. Ooh , tapi klo naik taksi kira kira brapa lama ya??

    Soalnya mau ke nikahan teman, klo naik angkutan umum takut muter2 hhe

    ReplyDelete
  17. oo mungkin 1 jam setengah ya. Karena dari Solo masih harus melewati satu kabupaten Sukoharjo baru sampai Wonogiri. Waktu itu orang tua saya pernah dari bandara di Solo naik taksi bandara sampai Wonogiri itu kalo ga salah 300rb atau 250rb. Belum tahu jika taksi selain taksi bandara ya.

    ReplyDelete
  18. Moda transportasi kereta api sekarang ini sudah menjadi favorit untuk mudik,
    Apalagi dg kondisi jalan yg selalu macet ketika mudik dan harga tiket bus yang mahalnya bukan main

    ReplyDelete
  19. setuju. tapi sebetulnya dengan kehadiran tol Cipali, kepadatan di Pantura sudah agak berkurang. Malah macetnya pindah ke tol. hehe

    ReplyDelete
  20. NICE ARTIKEL, salam blogger :)

    silahkan kunjungan balik ke http://pusatgameplaystation.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  21. mau tanya kalo dari st. solojebres ke karang anyar naik apa?

    ReplyDelete
  22. dari Solo ke Karanganyar naik bus banyak mas.

    ReplyDelete
  23. mlm insya allah besok tgl 1 july 2016 sy pesan tiket 3 orang..msh ada gak ya..

    ReplyDelete
  24. Met malem gan. Ini saya mau ke solo dari jakarta besok kalau mau berangkat dari stasiun mana yaa? Kalau dari stasiun jakartakota bisa gak yaa? Sama jam berangkatnya kalau yg malam jam berapa aja?
    Soal.nya blm pernah naik kereta


    Thanks

    ReplyDelete
  25. Punten kang klo mau ke taman Jurug /kali Bengawan solo naik kereta dari stasiun Senen turun dimana yah...mksh

    ReplyDelete
  26. tinggal pilih aja mas mau stasiun Solo Jebres atau Purwosari :)

    ReplyDelete
  27. kalo stasiun bisa pilih antara stasiun pasar senen atau jakarta Gambir. keretanya juga beda2. sesuaikan aja dengan budget dan jadwal. langsung cek dan pesan pakai aplikasi PT KAI ya om.

    ReplyDelete
  28. bisa langsung cek di aplikasi2 online untuk pemesanan tiket pak. misal tiket.com atau aplikasi resmi PT KAI

    ReplyDelete
  29. assalamualaikum
    mas mau nanya,kalo beli tiket juruusan jakarta solo beli nya di indomart bisa kan ? tapi itu kalo beelinya 2 minggu sebelumnya gimana ?makasih

    ReplyDelete
  30. Saya beli 3 hari sebelum berangkat pun bisa...asalkan hari biasa....klo hari2 besar seperti lebaran atw liburan....wah 3 blan seblm nya pun belum tentu dapet.....itu si yg saya pernah alami....karna saya 1/2 blan plang ke solo untuk menemui istri.....semoga membantu

    ReplyDelete
  31. terima kasih mas infonya. memang tiket saat jam keberangkatan pun bisa. tapi betul yang mas bilang, saat hari2 sepi. Jadi daripada ambil risiko kehabisan tiket, lebih baik beli beberapa hari sebelumnya :)

    ReplyDelete
  32. Waalaikumsalam.. Insya Allah bisa mbak. dari 3 bulan sebelumnya juga sudah bisa di outlet2 minimarket yang sudah kerja sama dengan PT KAI. cuma jika membeli di minimarket, setahu saya tak dapat pilih kursi. Beda jika menggunakan aplikasi di HP atau situs resmi PT KAI :)

    ReplyDelete
  33. Mas klo dari stasiun purwosari ada gag ya bis yang kearah batu wonogiri

    ReplyDelete
  34. kalo ga salah dari sana coba cari bus dulu ke terminal Tirtonadi Solo. dari sana sudah pasti banyak bus ke Wonogiri.

    ReplyDelete
  35. pelayanan KAI sekarang sangat bagus. jarang telat dan sangat nyaman
    kemana-mana sering naik kreta :D

    ReplyDelete
  36. iya setuju. saya lebih pilih naik kereta jika perjalanan lokal pulau Jawa saja, dibanding harus naik Lion misalnya :D

    ReplyDelete
  37. Endang Astuti HandayaniJanuary 9, 2017 at 12:11 AM

    Mas tuk harga tiket bengawan sat nh brpa yaa??
    Oyaa klo jadwal keberangkatan dri solo jakarta jam brpa zaa yaa, daa yg mlm ga?
    Mohon info_y.. Trmakasih

    ReplyDelete
  38. harga bisa berubah sewaktu-waktu mbak. Silakan untuk harga dan jadwal bisa langsung dicek di web pemesanan tiket PT KAI ya. :)

    ReplyDelete
  39. Mau tnya mas,
    Rencana mau mudik coba naek kereta,kira kira turun di st.solo jebres atw st.purwosari,yg bisa lgsung nyambung bis jurusan purwantoro?

    ReplyDelete
  40. hai mas. Kami biasanya jika pulang ke Wonogiri via Solo turunnya di stasiun Solo Jebres. Dari stasiun jalan sedikit ke Jalan Slamet Riyadi sudah jalur bus-bus Jawa Tengah - Jawa Timur itu.

    ReplyDelete
  41. Assalamu'alaikum..
    Yg mau liburan ke Solo.. ada yg mau share guess house dg saya. Saya rencana mau menginap di Ajiko Kost Solo (Dekat grand Mall) sama suami saya.. untuk 2 minggu, tp rate disana 2 minggu dan 1 bulan sama aja.. sayang 2 minggunya kosong.. Bisa untuk tgl 3-19 Juni 2017.. atau bisa diatur yg penting 2 minggu gabung dg booking.an saya..
    Makasih..

    ReplyDelete
  42. waalaikumsalam.. terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  43. Info tiket berangkat malam ini dari bekasi ke purwosari info harga termurah

    ReplyDelete
  44. Maaf mas mau tnya.. Klo kereta api dr solo tujuan jakarta yang transit dl di stasiun karawang ada ga ya... Klo ada ap nmanya. Trimksh.

    ReplyDelete
  45. hai mbak. gampangnya gini aja. mbak pakai aplikasi KAI akses atau dari situs tiket PT KAI, lalu masukkan stasiun keberangkatannya di Solo lalu stasiun tujuan di Karawang. nanti akan ada informasi kereta apa saja yang available.

    ReplyDelete
  46. mas, kalo dari stasiun solo jebres mau ke wonogiri, nunggu bus nya jauh gak dari stasiun?

    ReplyDelete
  47. ga jauh kok mbak. tinggal ke depan stasiun. tanya saja petugas kalau mau cegat bus yang ke Wonogiri atau ke Praci atau ke Pacitan kemana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun