Skip to main content

Handphone untuk Tunanetra

Nokia 6600, HP legendaris era 2000-an
Jika masih ada yang bertanya "bagaimana seorang tunanetra dapat menggunakan perangkat handphone?". Jawabannya akan kamu temui di post ini. Handphone untuk tunanetra, sebuah teknologi yang memungkinkan seorang tunanetra, atau orang yang memiliki keterbatasan penglihatan, dapat berkomunikasi dengan handphone seperti mengirim dan membaca pesan sms, chat, menyimpan nomor kontak, dan menelepon secara mandiri, tanpa dibantu oleh orang awas atau yang berpenglihatan.

Khusus dalam post ini, akan dibahas mengenai teknologi handphone untuk tunanetra yang menjadi pendahulu dari teknologi smartphone saat ini alias edisi jadul. Sebelum para tunanetra dimanjakan dengan kehadiran program pembaca layar atau screen reader yang ada di smartphone dengan sistem operasi Android serta iOs atau BlackBerry, sudah ada teknologi serupa di era kejayaan handphone-handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian-nya.

Tulisan ini semoga dapat membantu para tunanetra yang masih memiliki handphone jadul Nokia, dan ingin dapat menggunakannya secara mandiri. Atau jika kamu memiliki saudara, keluarga, atau teman seorang tunanetra dan ingin membantunya agar dapat membaca serta mengirim SMS secara mandiri, ada baiknya baca terus tulisan ini sehingga dapat membantu meng-install aplikasi pembaca layar di handphone Nokia jadul.

Memahami Konsep Aplikasi Pembaca Layar di Handphone untuk Tunanetra



Aplikasi atau software tambahan yang digunakan pada handphone Nokia berbasis Symbian yang dapat membantu para tunanetra ini bernama Talks. Diproduksi oleh Nuance Technology, Talks memang dirancang khusus agar para tunanetra dapat bernavigasi dan mengoperasikan handphone dengan bantuan suara.

Sesuai dengan namanya, aplikasi pembaca layar (screen reader) berfungsi untuk membacakan semua hal yang sedang dipilih dan muncul di layar. Dia juga akan menyebutkan nama tiap tombol yang ditekan, baik tombol huruf / angka serta tombol perintah. Sederhananya, kamu dapat bayangkan yaitu saat seorang tunanetra menekan angka 2 pada keypad, maka akan ada suara yang menyebutkan "two" atau dua dalam Bahasa Inggris tapi suara tersebut berupa suara robot yang dihasilkan dari aplikasi.

Ya benar, aplikasi ini masih berjalan dalam Bahasa Inggris, karena selain bahasa internasional, produsen yang membuatnya juga berasal dari Amerika Serikat. Tapi buat penulis hal tersebut tidak jadi masalah. Sebab konsep program pembaca layar ini bukan menerjemahkan atau ranslating, melainkan hanya membacakan atau reading. Jadi ketika ada tulisan sms yang menggunakan bahasa Indonesia, aplikasi tidak menerjemahkannya dalam Bahasa Inggris, tapi membacanya tetap dalam Bahasa Indonesia hanya dengan aksen atau dialeg English. Agak sedikit sulit untuk memahami pada awalnya, tapi jika sudah terbiasa, tak lebih dari 3 hari sudah akan lancar menggunakannya.

Instalasi Aplikasi Handphone untuk Tunanetra



Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama software atau aplikasi untuk membuat sebuah handphone Nokia jadul dapat digunakan oleh tunanetra adalah Talks. Kali ini, akan saya share file-file instalasi Talks versi 3.05 yang dapat digunakan di handphone bersistem operasi Symbian 6 seperti berikut:

  • 3650

  • 3660

  • 6600

  • 3230

  • 7610

  • 6670

  • 6680

  • 6681

  • dan N70.



Karena ceritanya Nokia N70 saya sebulan lalu baru hilang dan beberapa hari kemarin beli lagi Nokia 6600 yang legendaris hasil COD saat ada acara di Royal Hotel Bogor, saya akan tulis langkah untuk install aplikasi Talks di Handphone untuk Tunanetra.

Program ini hanya dapat berjalan pada mulai dari operating system Symbian 60 keatas.

Cara:

1. Download paket file instalasi Talks V 3.05 di sini, lalu Unpack atau extract file talks.zip yang anda download itu ke dalam folder kesukaan anda.
2. installah file-file yang ada dalam folder anda itu ke hp anda. Ingat! hanya filenya saja, bukan folder yang anda kopi ke memori! Proses pemindahan dapat via Bluetooth atau memory card.
3. File pertama yang harus diinstall adalah file "talks.sis", ikuti petunjuk sampai selesai.
4. Setelah itu, install file yang bernama "setup.sis", ini berfungsi untuk menginstall talks versi 2 ke dalam HP anda.
5. Setelah selesai, install file yang bernama "patch.sis", ini berfungsi untuk meng-crack talks versi 2 anda.
6. Setelah instalasi berhasil, masuk ke "nuance talks & zoom", Pilih manual registrasi.
7. Masukan sembarang kode.
8. Restart hendphone anda.
9. Sampai di sini, anda telah memiliki talks versi 2 yang sudah di-crack.
10. Masuk ke "nuance talks & zoom", lalu disable talks anda.
11. Masuk ke app manager, lalu uninstall atau remove program "talks" anda. Ingat hanya "talks", bukan eloquence.
12. Masuk lagi ke folder "talks for HP", sekarang install file "update.sis" untuk menginstall talks versi 3.
13. Ikuti langkah instalasi sampai selesai.
14. Jika sudah dan talks tidak otomatis berjalan, masuk ke "nuance talks & zoom", lalu pilih anable talks di option atau pilihan.
15. Selamat menikmati talks versi 3 full cracked!

Semoga tulisan ini bermanfaat, terutama untuk para tunanetra yang ingin dapat mandiri berkomunikasi menggunakan HP, tapi belum mampu membeli smartphone. Atau jika buat saya, ada kebanggaan tersendiri memiliki Nokia 6600 yang legendaris ini, di samping HP ini punya memori tersendiri buat saya. Nah, Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya. (DPM)

Comments

  1. Jika sudah diaplikasi apa nanti tulissan berbentuk bahasa indonesia atau inggris

    ReplyDelete
  2. apakah tersedia aplikasi yang hanya berbahasa indonesia?

    ReplyDelete
  3. halo. tulisan tetap dalam bahasa ketika diketik. misal bahasa indonesia atau dll. tapi cara membacanya dengan logat bahasa inggris. jadi bayangkan saja bule yang sedang ngomong bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  4. ada. jadi ditambah vocalizer Damayanti untuk bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  5. kalo instal vocalizer damayanti'y gimana ya? kalo ada boleh donk sekalian di share tutorial install nya
    Thanks

    ReplyDelete
  6. punya link untuk download vocalizer damayanti nya ga bang?

    ReplyDelete
  7. untuk file instalasi, sepertinya bisa langsung ke grup2 Facebook misal ITCFB atau IT Nusantara ya. :)

    ReplyDelete
  8. ini bermanfaat sekali ya.. semoga selalu diperbaharui teknologinya supaya bisa lebih baik

    ReplyDelete
  9. makasih sharngnya , sangat membantu yang tunanetra ya

    ReplyDelete
  10. izin share yaa. bermanfaat banget artikelnya

    ReplyDelete
  11. aamiin.. terima kasih sudah membantu menyebarkan :)

    ReplyDelete
  12. aamiin.. terima kasih. semoga manfaatnya dapat disebarkan :)

    ReplyDelete
  13. aamiin.. iya ini teknologi yang sangat bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun