Skip to main content

Visualisasi Tampilan Layar Komputer Menggunakan Screen Reader

Logo Windows 7

Berbeda dengan pengguna komputer yang berpenglihatan, seorang tunanetra mengakses komputer melalui visualisasi yang dihasilkan dalam bentuk suara. Perlu pemahaman khusus untuk seorang tunanetra agar dapat gambaran tata letak dan struktur berbagai program yang akan dipakai nantinya untuk bekerja. Ditambah lagi dengan penggunaan keyboard untuk memasukkan segala perintah sebagai pengganti Mouse, tentu dibutuhkan trik khusus. Maka dari itu, ada baiknya seorang tunanetra yang baru belajar komputer, memperhatikan beberapa hal yang akan di jelaskan dalam tulisan ini. Dalam hal ini, operating system yang akan digunakan adalah Microsoft Windows 7 yang masih umum digunakan di masyarakat.

Gambaran Desktop Windows 7



Secara umum desktop windows 7 tidaklah berbeda secara signifikan dengan versi sebelumnya. Desktop dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu bagian atas dan bawah. Bagian atas terdiri dari latar belakang (background), keranjang sampah (Recycle bin), dan ikon-ikon yang mewakili program/aplikasi atau file tertentu.

Bagian bawah terdiri dari:

  • Start menu; sebuah tampilan menu yang isinya daftar program yang telah terinstal di komputer.

  • Taskbar; sebuah tampilan menu yang isinya daftar program sedang aktif.

  • System Tray; fasilitas yang berada pada taskbar Windows biasanya di pojok bawah sebelah kanan yang terdiri dari ikon program yang sedang berjalan, penunjuk tanggal dan waktu. System tray mempermudah pengguna mengakses program dengan menelusuri menggunakan tombol Tab.



Menelusuri Isi Desktop



Untuk menelusuri isi desktop tekan tombol Windows+M untuk menyembunyikan semua tampilan aplikasi yang sedang aktif dan kursor menuju Desktop. Untuk menelusuri isi desktop, tekan tombol panah atau dengan menekan huruf yang mengawali dari nama ikon yang ditelusuri. Misalnya untuk mencari Recycle Bin kita dapat menekan huruf r.

Gambaran Start Menu Windows 7



Tampilan Start Menu Windows 7 terdiri dari dua panel; panel sebelah kiri dan panel sebelah kanan. Isi panel sebelah kiri dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Kotak pencarian (Search box).

  • Kumpulan program yang pernah/sering diaktifkan biasanya berjumlah maksimal sepuluh program.

  • All Program, tempat kumpulan program yang terinstal di komputer.



Isi panel sebelah kanan terdiri dari:

  • Documents

  • Pictures

  • Music

  • Games

  • Computer

  • Control panel

  • Devices and printers

  • Help and support



Menelusuri Panel Sebelah Kiri



Untuk menelusuri panel sebelah kiri dengan menekan panah bawah/atas setelah mengaktifkan Start Menu. Tekan tombol Windows agar Start Menu aktif. Ketika tombol tersebut baru ditekan, komputer akan mengatakan: ”Menu, search box edit.” Kemudian tekan panah bawah beberapa kali maka komputer akan menyebutkan program-program yang sering diaktifkan. Setelah melewati beberapa program yang sering diaktifkan, akan sampai di All Programs. Dari All Programs jika ditekan panah bawah lagi, kembali di Search Box Edit.

Menelusuri Panel Sebelah Kanan



Dari posisi Search Box Edit, tekan panah kanan sekali maka akan berpindah di panel sebelah kanan dari Start Menu. Panel pertama adalah Shut Down. Tekan panah bawah/atas untuk menelusuri menu di bagian kanan.

Bekerja dengan Search Box



Search Box dapat digunakan untuk mengaktifkan program, membuka folder, dan mengaktifkan fasilitas lain dari Windows 7 dengan cara diketik. Contoh: aktifkan Start Menu, ketik word, maka komputer akan membacakan menu yang mengandung kata word, misalnya ketika komputer membacakan Microsoft Word tekan Enter untuk membuka aplikasi tersebut. Kita dapat juga mengetik beberapa karakter yang dicari hingga komputer membacakan menu tersebut secara lengkap, tekan panah bawah untuk mengetahui beberapa menu lain yang mengandung kata yang dicari.

Mengaktifkan Program dari All Programs



Cara lain untuk mengaktifkan program, anda dapat masuk ke All Programs, lalu cari program yang akan diaktifkan, dan akhiri dengan menekan Enter. Sebagai contoh:

  • Aktifkan Start Menu.

  • Tekan panah atas sekali untuk menuju ke All Programs, dan tekan panah kanan/Enter untuk membukanya.

  • Tekan panah bawah sampai komputer mengatakan: ”Microsoft Office” dan tekan Enter atau panah kanan untuk membuka folder tersebut.

  • Tekan panah bawah sampai komputer mengatakan: ”Microsoft Office Word 2010”, tekan Enter.



Bekerja dengan Submenu dan Collapse/Expand



Beberapa item di dalam Start Menu ditandai oleh NVDA atau screen reader dengan kata Submenu dan Collapse. Sebenarnya baik kata Submenu maupun Collapse tidak ada. Sebagai contoh ketika kita sedang bernavigasi didalam Start Menu dan menemukan All Programs, NVDA mengucapkannya dengan kata ”All Program Submenu.” Tulisan di layar hanya ada tulisan All Programs saja. Kata Submenu menunjukkan bahwa All Programs mempunyai pilihan lagi di dalamnya. Untuk menampilkan pilihan tersebut, kita dapat menekan panah kanan.

Di dalam All Programs, akan kita temukan beberapa item yang ditandai dengan kata ”Collapse”. Collapse juga menunjukkan bahwa ada beberapa pilihan di dalamnya. Tekan panah kanan atau enter untuk menampilkan pilihan di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya lakukan langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan Start Menu.

  • Tekan panah atas sekali untuk menuju ke All Programs, dan tekan panah kanan.

  • Tekan panah bawah sampai menemukan Accessories. Ketika kita mendengar komputer mengatakan: ”Accessories” akan terdengar komputer menyebutkan kata”Collapse” di akhirnya.

  • Tekan panah kanan sekali maka komputer akan menyebutkan kata ”Expand”.

  • Selanjutnya tekan panah bawah kita akan mendengar komputer menyebutkan isi dari Accessories seperti berikut: calculator, command prompt, dan seterusnya. Secara otomatis komputer akan menyebutkan jumlah dari submenu Accessories yaitu ada 21.

Comments

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun