Skip to main content

Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk Ke Luar Negeri

Bisa jadi Anda membaca artikel ini karena sedang ingin Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri yang di antaranya ingin melanjutkan pendidikan master atau doktoral , bekerja, atau izin tinggal. Berikut akan saya share pengalaman mengurus Akta Kelahiran Dwi Bahasa di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta. Buat Anda yang dari daerah lain, mungkin dapat menyesuaikan.

Ceritanya saya sedang ikhtiar untuk memperoleh beasiswa lanjut kuliah S2 atau master ke Australia. Salah satu dokumen yang nantinya harus disertakan / diunggah yaitu akta kelahiran atau birth certificate. Meski di handbook scholarship tidak tertera mengenai akta kelahiran harus dalam Bahasa Inggris, tapi ada baiknya karena dokumen tersebut untuk melamar kuliah di luar negeri, maka dokumen juga dalam Bahasa Inggris sehingga pihak reviewer dapat memahami isinya. Jangan sampai lah hal kecil seperti ini mungkin jadi kerikil sandungan, padahal proses Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri saat ini tidak ribet dan gratis.

Iya betul, gratis. Mungkin jika Anda baca-baca atau dapat pengalaman dari teman-teman yang terdahulu bahwa untuk memperoleh Akta Kelahiran dalam Bahasa Inggris itu perlu jasa sworn translator atau penerjemah tersumpah, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah setempat sudah dapat menyediakannya. Oh ya, persoalan ini mungkin hanya dialami oleh para generasi milenial jadul yang masih memiliki akta kelahiran dalam Bahasa Indonesia saja. Jika Anda punya anak atau keponakan yang masih usia anak-anak, jika lihat Akta Kelahiran mereka maka akan ditemui Akta Kelahiran Dwi Bahasa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Maka dari itu, Anda harus memperbaharui Akta Kelahiran lama Anda sehingga menjadi Dwi bahasa Juga, dan Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri ini gratis!

Alamat Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri



Langsung saja. Untuk Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri atau Akta Kelahiran Dwi Bahasa ini, kamu harus datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil provinsi setempat. Karena KTP saya Jakarta, maka ke alamat di bawah ini saya menuju.

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA
Jl. Letjend. S Parman No. 7, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta
Telp. (021) 566 2400


Namun yang perlu diperhatikan, ada yang namanya dinas dan suku dinas (sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk dinas itu yang tingkat provinsi, tapi untuk sudin, itu yang tingkat kabupaten/kota. Karena saya tinggal di Tangerang dan masih KTP Jakarta, jadi tidak terlalu jauh untuk ke dinas yang letaknya di daerah Jakarta Barat tersebut. Namun untuk Anda yang di luar Jakarta, dan untuk ke ibukota provinsi cukup jauh, mungkin dapat ditanyakan terlebih dahulu ke kontak dinas terkait, apakah harus mengurus ke tingkat provinsi atau cukup di sudin setempat. Karena ini tergantung pihak mana yang mengeluarkan akta kelahiran Anda. Karena saya kelahiran 1988 dan pihak yang mengeluarkan akta kelahiran saya adalah pihak dinas, maka saya harus ke sana. Tapi jika Anda punya pengalaman lain, silakan tulis ya di kolom komentar.

Persyaratan/Berkas Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri



Sebelum menuju ke lokasi, saya juga sudah browsing terlebih dahulu dan baca pengalaman blogger lain yang sudah mengurus akta kelahiran dwi bahasa tersebut. Ketika berangkat, berikut hal-hal yang saya bawa.


  1. Akta Kelahiran asli dan juga fotokopi 1 lembar

  2. Kartu Keluarga (KK) asli dan juga fotokopi 1 lembar

  3. KTP asli dan juga fotokopi 1 lembar

  4. Fotokopi KTP orang tua (ayah dan ibu) masing-masing 1 lembar

  5. Fotokopi surat / buku nikah orang tua 1 lembar

  6. Fotokopi ijazah dari SD, SMP, SMA, dan S1.

  7. Materai (sampai bawa 4 lembar buat persiapan).



Proses Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk ke Luar Negeri



Saya dan istri datang sekitar jam 11 siang. Sebelumnya agak khawatir kalau antrian panjang atau bahkan kehabisan nomor antrian seperti era pelayanan publik zaman bahola. Ketika sampai di parkiran, langsung dihampiri pak satpam yang menanyakan dengan ramah tujuan kita. Lalu saya bilang ingin mengurus pembaharuan Akta Kelahiran menjadi Dwi Bahasa. Beliau langsung mencarikan tempat parkir dan mempersilakan untuk masuk dan ambil nomor antrian.

Cara untuk ambil nomor antriannya juga di Dinas Dukcapil DKI Jakarta ini sudah keren. Jadi ada petugas yang bantu untuk memasukkan NIK, lalu kita harus verifikasi dengan sidik jari (mungkin untuk verifikasi data biometrik). Kemudian sudah dapat nomor antrian dengan awalan huruf C.

Namun ketika sedang duduk di tempat tunggu, pak petugas yang ada di salah satu meja memanggil (sebelum nomor antrian disebutkan) untuk datang ke mejanya apabila ingin berkonsultasi. Sampaikan tujuan kita bahwa ngin memperbaharui Akta Kelahiran jadi Dwi Bahasa yang ada kutipan Bahasa Inggrisnya, dan beliau membantu mengecek persyaratan kita. Ketika persyaratan kita lengkap, beliau yang langsung membantu memproses permintaan kita. Wow, luar biasa sekali petugas di Dinas Dukcapil DKI Jakarta ini jemput bola agar pelayanan makin cepat.

Oleh pak petugas yang ramah tersebut, ternyata hanya berkas-berkas berikut yang diambil untuk diproses.


  1. Akta Kelahiran asli (ditarik oleh petugas).

  2. Fotokopi Akta Kelahiran 1 lembar

  3. Fotokopi Kartu Keluarga

  4. Fotokopi KTP



Kemudian kita harus isi formulir dan menyebutkan tujuan pembaharuan akta kelahiran menjadi Dwi Bahasa tersebut. Kalau saya menyebutkan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kemudian ditempel materai satu lembar, dan ditanda-tangan. Proses selesai, dan pak petugas memberikan selembar bukti untuk pengambilan akta kelahiran yang baru dalam 5 - 10 hari kerja, dan juga nomor telepon beliau untuk mengkonfirmasi sebelum mengambil ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

Luar biasanya, semua proses Mengurus Akta Kelahiran Berbahasa Inggris untuk Ke Luar Negeri di Dinas Dukcapil DKI Jakarta ini tak lebih dari setengah jam! Sebuah pencapaian fantastis mengingat mengurus hal-hal administratis seperti ini di beberapa tahun lalu sangat lama dan juga berbiaya tinggi yang tidak jelas.

Oh ya. Mengenai berbagai berkas / dokumen yang saya bawa ketika datang ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta tersebut, ada baiknya Anda juga mempersiapkannya. Meski mungkin kebijakan di tiap daerah berbeda, tapi ada baiknya mempersiapkan kemungkinan persyaratan yang selengkap mungkin, ketimbang kurang dan harus kembali lagi di lain hari.


Alhamdulillah, setelah memiliki sertifikat nilai IELTS, kini satu lagi tiket untuk mewujudkan cita-cita melanjutkan studi di luar negeri akan segera dimiliki. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan mohon do'a-nya ya agar mimpi saya ini terwujud dan dapat berangkat kuliah di awal 2021. Saya do'akan juga agar semua cita-cita dan urusan Anda yang membaca tulisan ini juga dipermudah. Silakan share dan tulis komentar ya di bawah apabila ada pertanyaan atau tambahan informasi. (DPM)

Comments

  1. Aamiin YRA smoga dapat beasiswanya dan berangkat tahun depan serta dimudahkan semua urusannya ya mas dimas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Lainnya

Tegnologi Membuka Peluang Tunanetra Berkarya dengan Mendongeng

 Pagi ini (15-09-2021) memulai tugas sebagai juri lomba dongeng untuk siswa tunanetra jenjang SMP dan SMPLB nasional dalam rangka Hari Bahasa 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dimulai dengan webinar dimana saya menjadi salah satu pematerinya bersama pak Marja (dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ) dan ka Rona Mentari (juru dongeng keliling / pendiri Rumah Dongeng Mentari). Satu topik yang coba saya kemukakan dalam diskusi yaitu bagaimana teknologi membuka peluang untuk tunanetra berkarya dengan dongeng. Dimulai dengan fakta bahwa keterampilan berbicara / olah vokal menjadi salah satu kekuatan yang dapat dieksplorasi oleh seorang dengan hambatan penglihatan. Kegiatan mendongeng yang berfokus pada penyampaian narasi, intonasi, karakter vokal, dan dinamika suara, seyogyanya menjadi potensi besar tunanetra dapat berkarya. Lalu ditambah dengan perkembangan teknologi komputer bicara, memungkinkan tunanetra mempublik

Cara Tunanetra Orientasi Kamar Hotel

Kembali di video series Get Closer with VIP. Kali ini saya berbagi tips bagaimana seorang tunanetra secara mandiri orientasi ketika menginap di kamar hotel. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan sehingga meski menginap sendiri di kamar, tunanetra dapat memanfaatkan semua fasilitas dengan optimal dan aman. Hal ini dapat ditiru buat teman-teman netra yang akan menginap di hotel atau penginapan untuk kegiatan tertentu atau liburan. Juga tips di video ini dapat diterapkan oleh teman-teman berpenglihatan / awas yang ingin membantu seorang tunanetra untuk orientasi pertama kali di kamar hotel yang baru didatangi. Beberapa poin dalam video ini untuk bantu orientasi tunanetra di kamar hotel: 1. Keliling isi dalam kamar dengan sentuh dinding dan objek-objek yang ada di dalamnya. 2. Orientasi di kamarmandi, termasuk cara buka kran air, mana kran air panas dan dingin, dll. 3. Sentuh posisi-posisi stop kontak atau sumber listrik. Lebih lengkap lagi tonton video-nya sampai habis ya.Subscribe juga

Ada yang Kamu Suka dari PSBB di Pandemi Covid19 ini?

Tangerang - Bukan ingin menafikan dampak negatif dari musibah Covid ini ya guys. Tapi sebagaimana tiap peristiwa, pasti bisa dilihat dari berbagai perspektif. Musibah pun akan selalu dapat kita temukan sisi positifnya jika memang ingin. Sebab segala sesuatu jika ingin dilihat dulu dari sisi positifnya, Insya Allah akan terasa lebih ringan, meski tidak meniadakan bebannya. Nah, apa hal positif yang kamu rasa dari Covid ini? Kalau saya sih ini. Akhirnya, Diakui Ayah oleh Anak. Putri saya sekarang hampir usia 1 tahun. Ketika masih kerja aktif masuk ke kantor, mungkin dia merasa asing dengan bapaknya. Bagaimana tidak, berangkat kerja sebelum matahari terbit sekitar jam 5.30 karena mengejar bus Trans Jakarta dari Ciledug, lalu pulang mayoritas jam 7 malam dan baru sampai rumah sekitar jam 9 malam kalau ada lemburan RDK / kegiatan. Praktis, putri saya cuma kenal bapaknya pas hari libur saja, yang itu pun kadang masih disita waktunya sebagian dengan herus belajar dan menangani keperluan komun