Website Profesional Murah cukup Seharga Martabak Bangka

Website Profesional Murah cukup Seharga Martabak Bangka

Hari gini, punya website atau blog dengan alamat www.namakamu.com atau www.namalembaga.or.id jadi sebuah prestis tersendiri. Jika kamu berfikir untuk mendapatkan prestis itu mahal, kamu salah! Sebab kamu hanya perlu menyisihkan uang seharga seloyang Martabak Bangka untuk memiliki website dengan alamat profesional selama satu tahun! Cukup Rp 60.000 kamu sudah akan dapat website di IDCloudHost.

Berdasar pengalaman saya selama lebih dari 10 tahun berkecimpung di pekerjaan Web Developing, ada dua cara untuk memiliki website dengan domain atau alamat virtual berakhiran .com, .org, .co.id, .id, dll. Cara pertama ini yang agak mahal, dan yang kedua ini yang agak murah. Sayangnya tidak ada yang gratis, karena jika ingin punya website atau blog gratis, maka kamu harus mau diikuti dengan embel-embel .wordpress.com atau .blogspot.com di tiap akhir alamat websitemu.

Membuat Website Profesional Murah dengan Hosting dan Domain

Ini cara yang lazim dilakukan. Kamu perlu memiliki hosting yang dapat diibaratkan dengan rumah, tempat kamu menyimpan file-file yang membangun website, dan juga domain, sebagai alamat menuju ke rumah kamu itu. Untuk mendapatkannya cukup mudah, kamu cukup menuju ke website Hosting Provider favorit kamu, lalu order hosting dan domainnya sekaligus. Dapat juga kamu cukup order hostingnya jika sudah memiliki domain di provider lain dan nanti tinggal arahkan domain ke hosting baru.

Biaya untuk hosting ini rata-rata provider mengenakan sekitar Rp 300.000 untuk kapasitas sekitar 10Gb, sedangkan domain harganya bervbariasi tergantung ekstensinya. Untuk domain .com biasanya dijual sekitar 140.000 per tahun, namun bisa lebih mahal lagi untuk domain .id.

Kelemahan metode ini, selain harga yang cukup mahal, untuk kamu yang tidak terbiasa dengan web development, akan direpotkan dengan instalasi CMS dan juga setting banyak hal melalui control panel yang diberikan. Karena judulnya saja self-host website, jadi kamu memang benar-benar membangun sendiri websitenya. Sedangkan untuk web developer, dia akan bebas untuk berkreasi dan customisasi websitenya.

Baca juga:  Cara Belanja Lebih Murah di Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia

Memiliki Website yang agak Murah

Metode ini mengapa dikatakan agak murah, karena untuk memiliki website dengan alamat profesional kamu hanya cukup memiliki domain tanpa hosting. Hosting yang lazimnya dilanggan tahunan dengan sejumlah uang, dapat digantikan dengan Blogspot. Sederhananya yaitu, kamu sudah memiliki blog dengan alamat http://namakamu.blogspot.com, lalu kamu setting lagi dan menempelkan www.namakamu.com sebagai alamat aliasnya. Sehingga ketika pengunjung masuk ke www.namakamu.com, pengunjung akan dialihkan ke alamat blogspot.

Pilihan ini tentu cukup menarik, sebab ketika pengunjung melihat address bar dari browser, alamat yang ditampilkan tetap domain profesional kamu. Apabila kamu dapat menggunakan themes blogspot yang benar-benar unik, tentu pengunjung tidak dapat menyangka bahwa website kamu menggunakan blogspot sebagai hostingnya. Smart choice bukan, cukup beli domain, kamu sudah punya website, tapi …

Tentu ada tapinya. Selain konfigurasi yang perlu dilakukan untuk menyambungkan antara domain dan blogspot ini lebih ribet dibanding metode pertama, batasan-batasan yang ada di Blogspot akan tetap berlaku. Misal kamu tidak dapat menambahkan fitur-fitur semaunya yang mungkin kamu dapatkan di website dengan engine WordPress. Di WordPress, ada ribuan plug-ins yang dapat membuat website kamu memilik fitur yang dibutuhkan. Selain itu, hosting yang masih dimiliki oleh Google / Blogspot ini tak dapat menjamin data kamu yang ada di website selamanya akan aman. Sebab jika Google sewaktu-waktu memutuskan untuk menghentikan layanan Blogspot, maka data kamu juga akan ikut hilang jika tidak diback-up.

Solusi Simple Website Profesional yang agak Murah tapi tidak Mahal

Yap, solusi dari IDCloudHost ini memang tidak murah, tapi juga tidak mahal. Ada di tengah-tengah lah kurang lebih. Sebab kamu tetap harus beli hosting dan juga domain, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Sebab saat ini IDCH ada produk hosting khusus WordPress yang murah dan buat orang awam dari web developing pun dapat punya website profesional tanpa ribet.

Baca juga:  Bangga Jadi Blogger Indonesia dengan Domain my.id

Pertama, dengan uang Rp 60.000 kamu sudah dapat hosting selama satu tahun dengan kapasitas 1Gb dan unmetered bandwidth. Jangan terkecoh dengan angka 1 Gb ini ya. Sebab untuk sebuah website yang sederhana, misal untuk profil lembaga atau blog pribadi, kapasitas 1Gb itu sudah sangat cukup. Asal kamu tidak banyak upload foto dengan resolusi tinggi atau video. Selama isi website kamu mayoritas adalah tulisan atau artikel, maka sangat cukup. Seperti website yang kamu kunjungi saat ini. www.dimasmuharam.com menggunakan jasa layanan dari IDCH ini. Lalu yang lebih penting itu adalah unmetered bandwidth ini. Sebab ukuran berapa banyak pengunjung website kamu itu akan dibatasi oleh bandwidth. Karena bandwidth-nya ini unlimited, jadi ga perlu khawatir website kamu di tengah bulan suspended karena bandwith habis.

Kedua, paket hosting wordpress ini benar-benar buat kamu tidak ribet. Kamu cukup order, masukkan user admin WordPress dan password pilihan, maka boom, website kamu sudah siap. Tidak perlu install ini itu di Cpanel atau urus database. Kamu tinggal login ke dashboard dan sudah bisa memulai postingan pertama kamu atau install plugin dan themes. Selain itu, hosting ini sudah dioptimalisasi untuk CMS WordPress. Penulis sudah membuktikannya bahwa ada dua website bermesin WordPress yang pakai jasa IDCH juga, dan yang pakai hosting khusus WordPress ini performanya lebih baik.

Ketiga, kamu bahkan akan dapat domain gratis! Jika ingin punya blog pribadi yang profesional, kamu bisa order gratis domain .my.id sepaket dengan hosting ini, atau jika ingin lebih profesional, ada domain .com di paket yang lebih tinggi.

Menarik bukan, kamu bisa punya website dengan alamat profesional dengan hanya seharga seloyang Martabak Bangka. Langsung order di sini, dan pilih hosting WordPress. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya. (DPM)

2 Comments

  1. Apakah kita harus daftar akun member dahulu untuk bisa order?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *