Dimas Prasetyo Muharam saat memberi materi mengenai sukses dengan blog di pelatihan Santri Indigo bersama CSR Telkom dan Republika di Jepara 21-22 Maret 2011

Putihkan Internet, Berdzikir dalam Blog dan Jejaring Sosial

Berbagi Kebaikan di Blog

Blog merupakan salah satu media di internet yang mengizinkan pemilik blog untuk melakukan apa saja. Konsepnya seperti kepemilikan rumah di salah satu sudut belantara internet. Di dalamnya blogger dapat menulis pengalaman hidup, menyisipkan foto atau video, dan berinteraksi melalui kolom komentar yang disediakan. Melalui kolom komentar ini, akan terjalin interaksi dan ikatan antara blogger dan pengunjung.

Sebagai blogger muslim, tentu perlu diingat bahwa segala apa yang dikerjakan pasti ada pertanggungjawabannya kepada Allah SWT. Apa yang ditulis atau diunggah di dalam blog, tentu akan memiliki dampak bagi para pengunjung yang baik sengaja atau tidak sengaja melalui search engine mengunjungi blog tersebut. Tentu konten yang disajikan harus bermanfaat dan memberikan dampak positif.

Termasuk ketika para santri ingin memanfaatkan media blog sebagai wahana siar Islam. Tak perlu sulit-sulit, santri sudah dapat berdakwah ketika mau berbagi risalah-risalah mengenai Islam di halaman blognya. Apa yang dipelajari di kelas atau hasil diskusi dengan Kyai atau santri lain merupakan sumber ilmu yang akan lebih bermanfaat ketika telah dibagikan dalam blog, dimana siapa saja dari tempat manapun dapat mengakses dengan bebas.

Selain itu, pengalaman keseharian santri selama berada di lingkungan pesantren pun dapat menjadi alat dakwah yang menarik. Sisi dalam kehidupan santri selama berada di pesantren tentu sebuah hal yang unik. Kegiatan belajar mengajar, pergaulan sesama santri, atau kejadian-kejadian lucu yang disajikan dengan baik akan mengundang pengunjung yang setia untuk mengikuti update di blog.


Strategi Berdakwah dalam Blog

Seperti layaknya perang, berdakwah dalam blog pun perlu strategi. Perang melawan konten-konten negatif yang beredar di internet perlu digalakan oleh tiap muslim dengan terus menerus memperbanyak konten-konten positif. Langkah ini adalah jalan satu-satunya karena mustahil memblokir seluruh konten negatif di media yang memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi pengguna mengekspresikan hal apapun.

Strategi ini bertujuan untuk menarik pengunjung-pengunjung tetap yang mengikuti perkembangan dalam blog. Tak jauh berbeda ketika memasarkan suatu produk. Sebaik apapun produk yang dihasilkan tanpa kemasan dan strategi pemasaran yang baik, maka penjualan produk tersebut tak dapat dikatakan berhasil.

6 komentar untuk “Putihkan Internet, Berdzikir dalam Blog dan Jejaring Sosial”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *