Remaja Tunanetra Mampu Mengarungi Dunia Cyber

Selain hanya untuk mengirim surat kepada seseorang, e-mail dapat pula digunakan dalam bentuk diskusi. Kita bisa ikut dalam forum diskusi sehingga bisa bertukar pendapat dengan sesama member forum tersebut. Banyak info yang didapat dan pengetahuan baru akibat tukar pemikiran dan pengalaman. Atau dengan e-mail, kita bisa langganan berita agar mendapat berita yang selalu up to date setiap hari.

Satu lagi program yang tidak kalah pentingnya akhir-akhir ini. Yakni program pengirim pesan (messanger) atau chatting. Jiwa muda remaja yang selalu ingin mempunyai banyak teman dan diakui eksistensinya, membuat program chatting sangat digemari. Dengan program ini tidak seperti anggapan banyak orang yang hanya digunakan untuk mencari teman ngobrol yang lawan jenis dan kegiatan asusila. Tapi kita juga bisa berkomunikasi dengan orang dari negara lain untuk memperlancar kemampuan berbahasa asing. Atau kita juga bisa chat dengan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan sehingga kita bisa belajar daripadanya.

Program chatting ini dapat dijadikan alternatif dari biaya SMS atau panggilan handphone yang cukup tidak ekonomis biayanya. Dengan program pengirim pesan, kita bisa berbalas pesan sepuasnya hanya dengan sambungan internet dan yang terhitung hanya waktu penggunaan internet, bukan karakter terpakai. Kemudian untuk sambungan telephone internasional atau nasional, kita dapat menggantinya dengan program chatting yang baik di bagian percakapan suara seperti SKYPE. Kualitas suara dari program ini sudah cukup baik tidak berpengaruh sejauh mana kita berbicara. Dengan hal tersebut, akan dapat menghemat tagihan telephone kita apalagi bagi yang sering berkomunikasi antar negara.

Hal terakhir yang akan saya bahas tapi tidak kalah pentingnya adalah tentang web programming. Pemrograman halaman web adalah teknik penulisan kode-kode html ke dalam teks editor untuk menghasilkan sebuah halaman web yang dapat dibuka dari mana saja. Ini adalah salah satu ilmu yang dapat kita pelajari tanpa pendidikan formal atau autodidak. Dengan kecakapan dalam browsing internet dan mencari tutorial-tutorial pembuatan halaman html di internet, kita dapat menguasai ilmu tersebut. Dengan ilmu ini, kita tidak hanya terus membuka dan mengagumi kecanggihan halaman web yang sering kita kunjungi. Tapi kita juga dapat membuatnya dengan kreasi kita sendiri. Hal ini sangat baik bagi remaja yang memiliki hasrat ingin tahu dan daya kreatifitas yang tinggi.

Lalu setelah kita mahir membuat halaman html, kita dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Yakni dengan membuat halaman web kita lebih dinamis. Sehingga halaman web kita dapat bekerja sendiri secara otomatis tanpa pengaturan yang rumit secara manual. Misalnya yaitu dalam pembuatan buku tamu atau guest book dan game-game sederhana. Dalam hal ini kita dapat mempelajari bahasa pemrograman Javascript, CSS, ASP, CGI, PHP, dan lain-lain. Pada tingkatan sudah mahir menggunakan bahasa pemrograman tersebut tanpa pendidikan formal, maka hal tersebut akan menjadi peluang masa depan yang baik. Dengan bekal ini, kita bisa melanjutkan pendidikan ke pemrograman komputer dan sebelumnya kita sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman. Atau kita bisa membuka usaha sendiri dengan jasa pembuatan website atau membuat sebuah website yang komersial.

Untuk kami tunanetra, web programming ini sangat mungkin untuk ditekuni. Kesemua aspek di dalamnya sangat aksessible, kecuali untuk tampilan visual dan pewarnaan. Hanya dengan sebuah teks editor seperti Notepad yang sangat akssesible bagi screen reader, kami dapat mengetikan kode-kode pemrograman baik itu HTML, Javascript, PHP, ASP, dan lain-lain. Sehingga kami tunanetra sudah banyak yang mulai mempelajari ilmu web programming ini. Sebagai hasil dari ilmu kami yang masih sangat terbatas itu, Penulis dan beberapa teman yang juga tunanetra membuat sebuah website. Alamat dari website itu adalah https://www.kartunet.com

Kami memilih nama kartunet untuk website kami adalah singkatan dari “Karya tunanetra”. Di dalam website ini, kami menggunakan bahasa pemrograman HTML, Javascript, CSS, dan PHP. Kesemua bahasa pemrograman yang ada di website ini kami ambil dan pelajari dari tutorial internet. Kemudian website ini kami olah dan kembangkan oleh Tunanetra dan diperuntukan bagi seluruh masyarakat.

Sebagai mana dengan namanya, website ini adalah karya buatan dari tunanetra. Konten yang disajikan adalah berbagai karya sastra dan artikel yang diperuntukan bagi semua orang. Banyak diantara karya sastra yang disajikan adalah buatan dari tunanetra. Tapi ada sebagian pula yang kiriman dari pengunjung kartunet yang merupakan masyarakat non tunanetra. Oleh karena itu, website ini adalah salah satu bentuk nyata dari hasil kreasi remaja Tunanetra dalam penggunaan internet.

Pada akhirnya, dapat saya simpulkan. Bahwa remaja sebagai generasi muda penerus bangsa memerlukan banyak informasi untuk dapat bersaing di era globalisasi kelak. Persaingan hidup kelak akan semakin berat. Jadi hanya sumber daya manusia yang unggul kaya akan pengetahuan saja yang akan berhasil. Kemudian dengan adanya internet, sangat membantu dalam pencarian bahan tugas bagi pelajar. Terutama bagi Tunanetra yang sangat membutuhkan internet untuk membantu proses belajar di sekolah serta menambah pengetahuan tentang dunia luas yang tidak dapat mereka lihat, tapi dapat diketahui melalui komputer yang dilengkapi dengan pembaca layar.

Marilah bagi para remaja untuk mengisi masa pembangunan ini. Yakni dengan memanfaatkan internet dalam hal-hal yang positif dan membangun. Kemudian semoga saja dengan adanya situs Kartunet.com yang dibuat oleh para tunanetra ini. Dapatmemotivasi generasi muda untuk terus berkarya demi mencapai cita-citanya. Bagi remaja tunanetra, janganlah kita pesimis dengan perkembangan teknologi ini. Jadikan kemajuan teknologi ini untuk mempermudah aktifitas kita. Terus berusaha wujudkan masyarakat yang inklusi.

Jakarta, 8 Maret 2007

Dimas Prasetyo Muharam
Siswa SMA Negeri 66 Jakarta.

4 komentar untuk “Remaja Tunanetra Mampu Mengarungi Dunia Cyber”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *