Kirim Uang Bebas Fee dari Luar Negeri ke Bank di Indonesia dengan Wise

Kamu mahasiswa atau pekerja di luar negeri yang bingung cara Kirim Uang Bebas Fee ? Ini informasi buat kamu! Saya membagikan pengalaman selama di Australia Transfer Uang ke Bank Indonesia Bebas Fee dengan Wise. Cara ini terbukti aman selama penggunaan beberapa bulan ini. Selain itu  juga lebih “cuan” dari pada menggunakan jasa International Wired Transfer dari bank. Ini juga versi update dari tips sebelumnya Kirim Uang dengan Kanggaru.

Salah satu keniscayaan mahasiswa atau pekerja yang sedang di luar negeri adalah menjadi “pahlawan devisa”. Mereka mengirimkan uang berupa valuta asing ke Indonesia dalam rupiah. Namun, kurang cermat memilih jasa transfer money atau bank, besar fee, dan momentum kurs, dapat mengakibatkan kerugian saat konversi uang. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ketika ingin kirim uang ke Indonesia dari luar negeri.

Selisih Kurs Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Indonesia

Mengirim uang dari luar negeri tentu tidak sesederhana transfer antar rekening rupiah dari satu rekening ke rekening lainnya. Tapi tak perlu khawatir, karena tidak sekompleks yang kamu bayangkan. Fasilitas International Wired Transfer dapat mengirim uang berupa Australian Dollar (AUD) dari rekening bank yang di Australia, seperti NAB, Commbank, ANZ, dll, ke rekening Indonesia, seperti BCA, BRI, dll,. Cara ini akan mengkonversi AUD dari rekening bank Australia ke IDR dengan kurs tertentu bersama fee/biaya. Lalu  dalam beberapa hari uang hasil konversi dalam bentuk rupiah akan sampai di rekening bank Indonesia .

Apa ini cara yang paling murah, efisien, dan aman? Sayangnya tidak. Pertama, Bank menggunakan kurs yang di bawah kurs yang berlaku di market. Saya pernah coba cek International Transfer dari Commonwealth Bank of Australia (Commbank). Ketika kurs 1 AUD sekitar Rp 10.3000, Commbank malah hanya memberikan rate di bawah Rp 10.000 per AUD atau sekitar Rp 9.800. Kita dapat mengkalkulasi kerugian kurs yang didapat apabila mengirim dalam jumlah agak besar, misal AUD 1000, . Ada selisih sekitar Rp 500.000 untuk transfer AUD 1000 saja. Jika lebih besar lagi jumlahnya, maka lebih besar pula selisihnya.

Baca juga:  Belanja 10% Lebih Murah di Australia dengan Tax Refund

Namun selain bank, ada juga jasa money transfer resmi yang dapat memberikan rate kurs lebih kompetitif. Memang tidak sama dengan kurs yang berlaku di pasar, tapi biasanya hanya sedikit di bawah dan di atas kurs dari international transfer. Apa yang saya gunakan?

Fee Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Indonesia

Perkara fee transfer juga sangat penting. Jika kamu sudah keberatan ketika ada biaya transfer Rp 6.500 antarbank di Indonesia, kamu harus menerima kenyataan bahwa fee transfer internasional itu jauh lebih besar. Untuk di Commbank misalnya, ada fee sebesar AUD 6 per transfer. Jadi kalau kamu transfer AUD 5000, fee-nya tetap AUD 6. Tapi jangan lupa, ada selisih kurs yang lumayan. Pertegas lagi apakah fee AUD 6 itu worth it jika dibandingkan dengan selisih kursnya.

Sedangkan di jasa money transfer seperti Wise, memang mengenakan fee transfer dasar yang sedikit lebih tinggi yaitu AUD 6.5 untuk pengiriman AUD 1.000, dan akan naik fee-nya seiring pertambahan jumlah yang ditransfer. Namun jasa ini menawarkan kurs yang sangat bersaing. Sehingga apabila mengirim uang dengan jumlah yang tidak terlalu besar, misal AUD 1000 atau AUD 2000 per transfer, maka masih lebih menguntungkan.

Waktu Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Indonesia

Pertimbangkan pula soal waktu yang diperlukan untuk transfer. Jika dengan jasa wired transfer via bank, umumnya perlu waktu beberapa hari hingga uang sampai. Sedangkan dengan jasa Money Transfer Wise, dana langsung masuk ke rekening Indonesia tujuan dalam waktu beberapa menit. Namun pengecualian untuk transfer yang pertama kali karena bank di Australia biasanya memerlukan waktu tunggu sekitar 24 jam untuk transfer ke nomer rekening baru.

Baca juga:  Jauh-Jauh ke Australia Belajar Mengenai Perempuan

Keamanan saat Kirim Uang Bebas Fee

Bicara soal keamanan, tentu international transfer via bank adalah yang relatif paling aman. Meski tidak menutup kemungkinan sistem error, tapi bank dapat kita katakan yang paling aman. Namun transfer money seperti Wise pun juga tidak kalah aman.
Secara legalitas, mereka menjelaskan bahwa terdaftar di otoritas resmi. Namun tentu saya tidak dapat menjamin ini, saya hanya berbagi pengalaman yang selama beberapa bulan ini menggunakan Wise dan tidak ada kendala. Berikut cara kerja jasa Money Transfer yang dapat jadi pertimbangan.

Jadi konsep Wise ini adalah pindah kantong kiri ke kantong kanan. Misal kita ingin mengirim AUD ke IDR. Hal pertama yaitu buat order di aplikasi yang menerangkan jumlah uang, rekening tujuan, konfirmasi jumlah rupiah hasil konversi, dan cara transfer. Lalu dari rekening bank Australia kita, kita transfer ke rekening bank Australia punya Wise yang atas nama perusahaan. Setelah pihak Wise menerima dana dan kita konfirmasi bahwa sudah mengirimkan sejumlah uang sesuai order, maka dalam hitungan menit Wise akan mengirim rupiah ke bank Indonesia dari rekening Wise yang ada di bank Indonesia juga.

Transfer Uang ke Indonesia Bebas Fee dengan Wise

Mengenai cara transfer uang tentu kembali ke preferensi kamu. Jika kamu ingin kirim uang dengan kurs yang kompetitif, biaya rendah, dan cepat, maka install Wise di smartphone kamu melalui tautan ini dan gunakan kode referal “dimasm48”. Sebab ada gratis fee transfer dengan Wise untuk sejumlah AUD 1.000. Oh ya, Wise ini bukan hanya dapat mengirimkan AUD ke IDR, tapi juga banyak mata uang asing lainnya.

Bagikan informasi ini ke teman-teman sesama mahasiswa internasional atau pekerja migran untuk Kirim Uang Bebas Fee . Download aplikasi Wise dan gunakan kode referal “dimasm48” jika kamu merasa terbantu dengan informasi ini. Apabila ad apertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya. (DPM)